4 Cara Agar Bisa Hidup dengan Cerminan Rasulullah SAW

4 Cara Agar Bisa Hidup dengan Cerminan Rasulullah SAW

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Sebagai seorang muslim, tentunya kita harus taat pada Allah dan Rasulnya. Muhammad SAW tentunya merupakan cerminan hidup kita yang utama. Entah itu dalam kehidupan sehari-hari atau dalam hal ibadah, segala sikap dan tindak-tanduk Rasul haruslah kita ikuti. Tentunya kita juga ingin menepis islamophobia yang kini banyak melanda orang-orang di dunia.

Nah, inilah salah satu cara menepis anggapan tersebut, yakni dengan cara hidup memakai cerminan Rasulullah SAW. Meskipun kita sadar jika sebagai manusia biasa, kita tidak akan mampu meniru 100 persen gaya hidup beliau, namun tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Lalu kira-kira seperti apa ya caranya? Yuk, simak ulasannya!

  1. Utamakan Akhlak

Cara hidup yang paling pertama tentu saja kita harus mengutamakan Akhlak. Mengembalikan akhlak yang rusak menjadi baik merupakan tugas para Nabi, oleh sebab itu, kita harus mengikuti gaya hidup Rasulullah yang dikaruniai Akhlak sempurna. Dengan begitu, insyaAllah akhlak kita akan semakin baik. Tentunya Allah menurunkan nabi Muhammad untuk menjadi suri teladan (uswah hasanah) para muslim di dunia ada tujuannya, bukan? Nah, itulah mengapa akhlak haruslah yang utama.

  1. Mementingkan Orang Lain Dibanding Diri Sendiri

Jangan pernah menjadi pribadi yang egois. Utamakanlah kepentingan orang lain terlebih dahulu sebelum kamu mementingkan kepentingan diri sendiri. Inilah sikap sederhana yang diajarkan Rasulullah pada umatnya. Banyak sekali contoh-contoh kecil di dalam keseharian kita yang bisa kita terapkan hal ini, yakni jangan pernah menyerobot antrian, dahulukanlah orang yang lebih tua dimana saja, ramaikanlah masjid di sekitar rumah kita, dan hal-hal lain sebagainya. Jadi, meskipun hanya aksi kecil, setidaknya kita sudah meniru gaya hidup Rasul bukan?

Baca juga : Pemahaman Makna Hijrah yang Terkadang Salah

  1. Senantiasa Belajar

Nabi Muhammad merupakan seorang Rasul yang terlahir buta huruf. Namun keadaan tersebut tidak menghalangi beliau untuk terus belajar. Bahkan, Nabi selalu senantiasa belajar untuk memperdalam ilmunya. Hal ini juga sesuai dengan firman Allah dalam QS Al-Mujadilah. Dengan meninggikan ilmu, kita akan lebih dapat memperat hati kita untuk selalu cinta nabi.

  1. Baca Alquran Sesering Mungkin

Dengan membaca Al-Qur’an sesering mungkin, maka kita akan lebih bisa memahami Islam dari sumber otentik. Terlebih jika bisa berbahasa Arab. Kita juga akan senantiasa dapat memperkuat rasa cinta dan juga keimanan apabila kita paham bahasa Al-Qur’an. Untuk membiasakan diri, mulailah membaca Al-Qur’an paling tidak beberapa menit per hari, lalu tambahi setiap menitnya setiap hari. Baca pula dengan suara keras dan jangan lupa untuk menyempurnakan pelafalan.

Demikianlah ulasan mengenai 4 cara untuk hidup baik ala Rasulullah. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi saudara seiman dimanapun Anda berada.

shares