6 Kata-kata Motivasi Hidup Islami Penuh Makna

kata-kata motivasi islami

Sharing is caring!

Setiap umat muslim pasti pernah merasa sedih, gelisah hingga gundah gulana. Saat perasaan tidak baik karena sedang mengalami masalah dalam hidup, terkadang kita butuh kata-kata bijak yang dapat memberikan semangat. Jika saat ini Anda butuh membaca kata bijak, silahkan baca kata-kata motivasi islami yang dipercaya dapat memberikan energi positif.

Risalah Allah atau perkataan orang saleh bisa menghadirkan kekuatan tersendiri karena disampaikan dengan bijaksana. Ini akan memberi dampak yang sangat besar bagi orang-orang yang mempercayainya. Membaca kata-kata motivasi islami juga membantu Anda untuk terus berjalan di jalan kebenaran dan bisa memperbaiki jalan hidup saat ini.  

Namun apapun masalah yang Anda hadapi saat ini, hendaknya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya hidup lebih berkah. Sebagai seorang muslim yang beriman, kita harus senantiasa percaya bahwa Allah SWT akan selalu ada bersama kita di kala susah, senang, maupun sedih. Tetaplah memohon ampun dan mengucap syukur atas rezeki yang didapat.

Supaya Anda lebih semangat menjalani hidup, berikut ini ada beberapa kata motivasi hidup islami yang penuh makna. Semoga bisa jadi inspirasi dan dapat diterapkan dalam kehidupan.

Kata-kata Motivasi Islami tentang Kehidupan

Kehidupan manusia memang tak lepas dari berbagai rintangan, peristiwa, kesempatan, dan pengalaman. Setiap orang pasti pernah mengalami fase kehidupan yang berat dan menyakitkan seperti apa yang pernah disaksikannya di drama-drama televisi.  Namun sebagai manusia biasa, wajar jika Anda merasa sedih, galau, maupun gundah gulana. Nah, berikut ada kata-kata motivasi islami yang bisa dibaca untuk menambah semangat hidup.

  1. “Jangan berduka, apa pun yang pergi dari dirimu akan pulang dalam bentuk lain” – Jalaludin Rumi

Hidup ini selalu diisi dengan hilir mudiknya kesuksesan dan kegagalan. Tidak semua rencana yang kita buat dapat memberikan hasil yang baik, bisa gagal atau sukses dan itu kadang melahirkan kecewaan. Walaupun begitu, Anda tidak boleh menyalahkan sang pencipta atas apa yang dialami saat ini. Dari kata-kata Jalaludin Rumi ini kita dapat mengartikan bahwa semua yang hilang dari milik kita akan kembali dalam bentuk lain. Jangan berlarut dalam kesedihan, karena Allah pasti memberikan yang terbaik untuk hambanya.

  1. “Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup” – Aa Gym

Jangan hidup penuh dengan pengandaian, apalagi menjadikan alasan untuk melegalkan kemaksiatan. Bahkan Nabi Muhammad SAW saja tidak menyukai umatnya yang suka mengumbar kata-kata “Seandainya”. Kata itu tidak membawa manfaat sama sekali, apalagi dalam menyikapi persoalan hidup. Sikap seperti ini adalah sikap yang lemah dan malas. Dan Allah tidak suka dengan umatnya yang bersikap tidak mampu, lemah, dan malas-malasan, karena sikap ini hanya akan mendekatkan diri kepada setan.

  1. “Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga” – Nouman Ali Khan

Hidup tak selalu sempurna, apapun hal yang terjadi kedepannya tak ada orang yang tahu. Tapi kita bisa hidup dengan bahagia apabila mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT. Apapun itu harus kita syukuri, tak peduli apapun yang kita rasakan. Belajarlah untuk selalu menerima kenyataan, sehingga seburuk apapun hal yang terjadi di masa depan masih bisa diterima dengan lapang dada. Terus berusaha dan bersabar, percayalah Allah akan selalu memberikan yang terbaik bagi umatnya. Dengan mengikhlaskan kenyataan, hidup bisa lebih bahagia walau tidak selalu sempurna.

  1. “Maafkan orang lain secepat yang kamu harapkan Allah (Tuhan) mengampuni kamu.”

Memaafkan membantu kita melepaskan diri dari amarah, mengubah pikiran destruktif, mengarahkan perilaku menjadi lebih santun, dan membantu pikiran kita jadi lebih sehat. Kita harus belajar memaafkan orang lain secepat kita ingin Allah memaafkan dan mengampuni dosa-dosa yang diperbuat selama hidup. Memperlakukan orang yang bersalah dengan belas kasih membantu kita mencapai rasa damai, sehingga rasa cinta terhadap diri sendiri pun meningkat.

  1. “Saat mencari dunia, kamu akan kehilangan akhirat. Namun saat kamu mencari akhirat, maka kamu mendapatkan dunia dan akhirat. Manakah transaksi yang lebih bijak?”

Dalam menjalani hidup, semua manusia pasti ingin menggapai kesuksesan. Hanya saja terkadang kita menjadi terlalu berambisi mengejar dunia dan lupa dengan amalan untuk kehidupan di akhirat. Kebutuhan duniawi memang sebuah kewajiban, dan hendaknya dicapai bersama dengan kesuksesan akhirat. Ini adalah sifat dan perilaku yang sangat disukai Allah.

  1. “Semakin banyak kamu melepaskan, semakin tinggi kamu bangkit.” 

Kegagalan bukanlah hal yang menyeramkan sehingga harus dihindari. Jika saat ini Anda tidak berhasil mewujudkan apa yang sudah menjadi impian, maka segeralah bangkit dan berusaha lebih maksimal. Hadapi setiap tantangan atau hambatan dalam bentuk apapun, dan yakinlah bahwa apa yang sudah kita lepaskan sebelumnya dapat kembali lebih banyak saat kita bangkit.

Itulah 6 kata-kata motivasi islami yang dapat Anda jadikan semangat hidup. Semoga dapat membantu Anda menjalani hidup yang lebih baik.