Amalan yang Bisa Menghindarkan dari Siksa Kubur

amalan yang menghindarkan diri dari siksa kubur

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Keberadaan alam kubur merupakan salah satu tanda kekuasan Allah yang wajib diyakini. Alam kubur atau alam barzah merupakan tempat penghubung dari kehidupan dunia menuju kehidupan akhirat nantinya. Penghuni alam kubur ini kekal sampai hari kiamat datang nantinya.

Melalui alam kubur ini juga manusia mulai mendapatkan balasan dari segala hal yang pernah dilakukan semasa hidup di dunia. Ada manusia yang diberikan kemudahan semasa tinggal di alam kubur, namun ada juga yang  mendapatkan ganjaran dari perbuatan yang sudah dilakukan semasa masih hidup di dunia. 

Jika kita memandang dari segi awam, tentu akan sulit untuk memberikan penilaian pihak mana saja yang nantinya mendapatkan ampunan dan juga siksaan dari Allah. Namun kita semua tentu sudah memahami jika setiap perbuatan yang dilakukan nantinya ada balasannya.

Seperti kita ketahui bersama dari QS Al-Zalzalah 7-8 dimana siapa yang melakukan kebaikan sebesar zarah maka akan mendapatkan balasan dari kebaikan tersebut. Begitu juga sebaliknya, siapa yang melakukan keburukan sebesar zarah juga akan mendapatkan ganjaran dari keburukannya tersebut.

Dengan menggunakan pedoman tersebut, alangkah lebih baik jika kita tidak mudah memberikan penghakiman terhadap manusia semasa hidup di dunia. Bahkan selama ini kita mengenal banyak kisah-kisah terkait rahmat dan ampunan Allah. Dimana ada yang menunaikan kebaikan namun hanya gara-gara masalah tusuk gigi saja maka mendapatkan siksa kubur. 

Untuk itulah, sebagai manusia sebisa mungkin untuk terus melakukan kebaikan serta mengamalkan beberapa amalan berikut supaya terhindar dari siksa kubur.

Inilah Beberapa Amalan untuk Menghindarkan diri Dari Siksa Kubur

Sudah menjadi hukum alam bahwa yang bernyawa kelak akan berpulang ke yang maha kuasa. Hal ini menjadikan segala hal yang sudah dilakukan semasa hidup di dunia kelak harus dipertanggungjawabkan. Dalam hal ini yang taat akan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah, begitu juga sebaliknya.

Kita umat Islam sudah pasti tidak mau mendapatkan siksa kubur, untuk itu semua bisa melakukan beberapa amalan berikut ini supaya terhindar dari siksa kubur. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  • Menjaga diri dengan ribath

Ribath yaitu orang yang semasa hidupnya terus menerus menjaga diri dengan melakukan ketaatan, misalnya dengan rutin membaca Al-Quran. Semasa hidupnya, Rasulullah melakukan RIbath dengan melakukan perlawanan terhadap orang yang kufur.

Kita bisa meneladani tauladan dengan melakukan perbuatan baik semasa hidup di dunia ini. Hal ini bisa menghindarkan diri dari beratnya siksa kubur. 

  • Membaca surat al-Mulk

Berkaitan dengan hal kedua ini sampai saat ini memang sudah banyak riwayat yang menyebutkan mengenai keutamaan dari surat Al-Mulk ini. Disebutkan surat satu ini mampu menolong yang membaca dari api neraka. 

amalan yang menghindarkan diri dari siksa kubur

Selain itu jika menukil dari riwayat dari An-Nasa’i disebutkan siapa yang rutin membaca salah satu potongan surat Al-Mulk maka akan terhindar dari siksa kubur. Untuk itu maka banyak ajakan kepada umat muslim untuk rutin membaca surat satu ini.

Membaca surat Al-Mulk juga bisa dilakukan dengan dicicil, misalnya saat sholat qabliyah Zuhur membaca 10 ayat pertama, kemudian potongan ayat selanjutnya dibaca saat sholat Ashar dan juga Magrib. Jika lengkap membaca 30 potongan ayat, maka sudah mengupayakan diri untuk terhindar dari siksa kubur. 

Baca Juga : Adab Memberikan Utang di Dalam Agama Islam

  • Rutin mengamalkan Alquran

Alquran merupakan kitab pedoman hidup umat Islam. Di dalam Alquran sudah terdapat berbagai ketentuan yang bisa diamalkan dan harus dihindari oleh manusia. Dengan ini salah satu langkah menghindarkan diri dari siksa kubur yaitu dengan mengamalkan isi dari kitab Alquran. 

Ini juga menjadi penolong dalam kehidupan sehari-hari, dimana manusia akan hidup sesuai dengan ketentuan yang sudah digariskan oleh Allah . Dengan hidup seperti itu jelas manusia akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan. 

  • Rutin Berdoa

Selanjutnya cara untuk mengupayakan diri terhindar dari siksa kubur yaitu dengan berdoa supaya dijauhkan dari siksa kubur. Doa ini dapat dibaca setiap waktu salam ketika sedang sholat. Dibaca setelah tahiyat terakhir. 

Beberapa sumber menyebutkan doanya memiliki kesamaan dengan doa yang dibaca saat sebelum salam. Sekalipun ada sedikit perbedaan namun dua doa tersebut sama-sama memiliki makna untuk melindungi dari siksa kubur. 

Potongan arti dari doa tersebut sudah sangat jelas dimana sebagai manusia memiliki perlindungan dari ganasnya siksa kubur.

  •  Membaca surah Al Ikhlas ketika menjelang kematian

Beberapa riwayat menyebutkan barang siapa yang mampu mengucapkan salah satu potongan dari surah Al Ikhlas ini ketika sedang mengalami kesakitan menjelang kematian maka ia akan terhindar dari siksa kubur serta ketika hari kiamat nantinya malaikat akan membawanya menggunakan telapak tangan sehingga juga terhindar dari Siratul Muntaha hingga sampai di surga. 

Dengan ini maka mulai perbaiki diri dan juga melakukan amalan-amalan yang dianjurkan supaya selamat dunia serta terhindar dari siksa kubur.