Beberapa Anjuran Beribadah Selama Wabah COVID-19

kajian islam via online

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Wabah Covid-19 telah meluluhlantakkan seluruh sendi sosial dan ekonomi dunia. Dan saat ini, pemerintah hanya mampu meminta masyarakat untuk tidak beraktifitas di luar rumah dan mengalihkan semua pekerjaan dari rumah sebagai langkah-langkah pencegahan mandiri. Bagi yang harus keluar rumah diwajibkan memakai masker dan rutin mencuci tangan. Juga selalu menjaga jarak dengan orang lain demi keselamatan bersama.

Anjuran dari pemerintah tentu saja menyulitkan umat beragama. Bagi yang beragama Kristen, akhirnya mengalihkan kegiatan misa menjadi berbentuk online, walaupun tidak semua jamaah dapat mengikuti misa online karena keterbatasan sarana seperti smartphone dan kuota internet untuk mengakses.

Demikian juga halnya dengan kaum muslim. Anjuran shalat berjamaah di masjid menjadi tidak mungkin dilakukan karena rentan untuk penyebaran virus. Juga halnya dengan shalat Jumat yang menjadi shalat wajib bagi laki-laki selain shalat lima waktu. Namun, demi menjaga kemaslahatan umat dan mendukung upaya pemerintah mengendalikan penyebaran virus, para ulama menyerukan kaum muslim untuk tidak melaksanakan shalat berjamaah dan shalat Jumat sementara waktu dan menjadi fatwa resmi.

Sebagai umat Islam yang mematuhi seruan Ulama dan aturan pemerintah, kita masih bisa mengoptimalkan ibadah di rumah dengan tidak mengurangi pahala dan dapat mempererat hubungan keluarga. Berikut ini ibadah-ibadah yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga:

  1. Shalat Berjamaah 

Seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak shalat berjamaah di mesjid sesuai dengan yang disunnahkan Rasulullah. Namun, di masa pandemi, anjuran ini untuk sementara waktu ditiadakan hingga kondisi lebih kondusif. Jangan sampai hanya karena mengikuti satu sunnah Nabi, kita jadi pembawa virus bagi keluarga dan lingkungan. Karena hal ini sama dengan menzhalimi diri dan orang lain.

shalat berjamaah di masa wabah corona

Mungkin selama berjamaah di mesjid, seorang muslim tidak memiliki kesempatan menjadi imam shalat di mesjid. Karena setiap mesjid telah memiliki jadwal dan nama imam yang bertugas setiap harinya. Dengan adanya pandemi ini, Anda berkesempatan menjadi imam shalat walau hanya di lingkungan keluarga. Dengan demikian, mau tidak mau Anda akan menambah wawasan dan hafalan surat agar siap menjadi imam shalat lima waktu. Ditambah lagi shalat tarawih di bulan Ramadhan. Bukankah ini sebuah berkah? Bahwa Anda dipaksa belajar mengimami keluarga tercinta.

  1. Mengganti Shalat Jumat Dengan Shalat Zuhur

Dengan dilarangnya aktivitas di luar rumah dan berkumpul-kumpul, maka otomatis kegiatan shalat Jumat pun ditiadakan. Setiap mesjid diminta untuk menginformasikan kepada jamaahnya dan memberi pemahaman dari sisi agama dan medis. Dan meminta jamaah mengganti shalat Jumat dengan shalat Zuhur di rumah.

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Buat Logo yang Terbaik dan Terpercaya

  1. Membaca Al Quran

Dengan adanya perubahan pola kerja menjadi kerja dari rumah, setiap orang dapat mengatur waktunya untuk membaca Al Quran. Jika biasanya seseorang dapat menghabiskan waktu perjalanan dari dan ke kantor hingga 4 jam setiap harinya, maka kini Anda bisa memanfaatkannya   dengan membaca Al Quran dan menghafalkannya. Sekali lagi ini menjadi berkah tersendiri bagi setiap muslim. Di mana biasanya kita terlalu letih ketika sampai di rumah untuk meluangkan waktu untuk membaca Al Quran 1 atau 2 halaman.

  1. Mengajarkan Anak Mengaji

Jika selama ini kita mengandalkan guru mengaji yang dibayar bulanan, dengan adanya wabah membuat Anda menjadi guru mengaji bagi anak-anak sendiri. Jika Anda belum terlalu mahir mengaji, Anda bisa belajar mengaji bersama anak-anak dengan memanggil guru mengaji ke rumah.

mengajarkan anak mengaji

Ini bisa menjadi motivasi buat Anda sendiri agar tidak kalah dengan anak Anda dalam hal ilmu akhirat. Kapan terakhir Anda belajar mengaji bersama anak Anda? Anda bisa memulainya sekarang juga.

  1. Membaca Doa Qunut Nazilah Selepas Sholat Fardhu

Kondisi mengkhawatirkan selama pandemi membuat para ulama mengeluarkan fatwa mengenai pelarangan ibadah shalat di mesjid. Namun, para ulama meminta kepada setiap muslim untuk membaca doa Qunut Nazilah selepas shalat fardhu yang bertujuan memohon kepada Allah untuk segera mengangkat musibah ini. Sehingga kita bisa kembali melaksanakan shalat berjamaah dan menghidupkan mesjid. Allah akan mendengar doa-doa hamba-Nya yang tulus berdoa memohon kasih sayang Allah.

  1. Shalat Ghaib

Pada masa pandemi, tenaga kesehatan menjadi personal yang mudah terpapar. Hingga saat ini , sudah ada 44 orang tenaga kesehatan yang gugur dalam tugas mereka mendampingi pasien Covid-19. Jumlah ini termasuk tenaga dokter spesialis, dokter umum hingga perawat. Sebagai tanda dukacita, kita bisa melakukan shalat gaib di rumah setiap mendengar berita nakes wafat karena virus corona. Hal ini salah satu yang bisa kita lakukan sebagai bentuk penghargaan atas jasa mereka. Untuk kerabat dan tetangga yang wafat, kita juga bisa melakukan shalat gaib untuk mendoakan mereka tanpa harus mengunjungi keluarganya saat ini.

  1. Mengikuti Kajian Keislaman Via Online

Seiring dengan kemajuan teknologi, di mana video conference sudah menjadi hal yang umum, maka kajian online sudah umum dilakukan.

kajian islam via online

Di masa wabah, semua kajian yang biasanya dilakukan di mesjid atau aula, kini dilakukan via online, untuk tetap memberikan siraman rohani kepada jamaahnyaa di masa krisis ini. Manfaatkan jadwal kajian online yang ada agar Anda tetap mendapatkan wawasan keislaman sekaligus penguatan iman.

  1. Mengirimkan Makanan/Sembako Bagi yang Membutuhkan 

Bagi Anda yang biasa menyalurkan makanan atau sembako kepada yang membutuhkan, Anda masih tetap bisa melakukannya. Caranya dengan memberikan bantuan tersebut melalui donasi uang via transfer kepada lembaga sosial yang Anda percaya dan mereka yang akan menyalurkannya untuk Anda.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memaksimalkan waktu beribadah kita selama berada di rumah, ya! Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan mengangkat wabah ini segera.

 

shares