Cara Jitu Untuk Menghentikan Kebiasaan Berhutang

utang

Sharing is caring!

Memiliki utang untuk sekedar memuaskan diri dengan berbagai hal yang tidak begitu penting tentu akan sangat mengganggu keuangan Anda bersama keluarga. Karena dengan melakukan utang Anda akan diwajibkan untuk melunasi beban pokok rutin setiap bulannya apalagi jika ada bunga. Hal ini membuat berbagai gangguan seperti tekanan psikologis, stres, depresi yang semuanya bisa terjadi karena penumpukan hutang.

Perilaku seperti itu wajib dihindari dan jangan sampai Anda alami, maka dari itu Anda harus keluar dari kebiasaan tersebut. Apalagi jika Anda sedang mengalaminya saat ini. Berikut ini beberapa cara untuk dapat menghentikan kebiasaan berutang dalam diri seseorang.

1. Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran Setiap Bulan

Pertama-tama upaya untuk menghentikan kebiasaan dalam berutang yakni dengan menyusun sebuah daftar pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan setiap bulan. Catatlah seluruh keperluan yang Anda keluarkan per bulannya, misalnya kebutuhan transportasi, bahan makanan, tempat tinggal, biaya hiburan, liburan dan lain-lain.

Hal yang perlu dipastikan adalah pengeluaran yang Anda lakukan harusnya lebih rendah dibanding pendapatan yang dihasilkan setiap bulannya. Mempunyai pendapatan yang lebih tinggi dari pengeluaran adalah syarat mutlak untuk Anda penuhi supaya terbebas dari hutang.

2. Menyusun Sebuah Anggaran Rutin

Apabila Anda sudah tahu berapa pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya, maka tahap selanjutnya yakni menyusun anggaran. Nantinya anggaran yang Anda buat sebagai media untuk mengontrol semua pengeluaran tiap bulan serta membantu Anda memantau aliran dana yang keluar.

Ketika ada masalah yang terdapat di pengeluaran, Anda dapat langsung memperbaiki kebiasaan berbelanja serta belajar untuk lebih berhemat di masa depan. Apabila Anda telah membatasi pengeluaran serta masih ada masalah, itu artinya Anda harus meningkatkan jumlah pendapatan yang diraih setiap bulan.

Anda dapat memulai usaha sampingan atau bekerja part time untuk bisa menambah jumlah pendapatan yang diraih per bulannya.

3. Mulai Hentikan Kebiasaan Belanja yang Tidak Terlalu Penting

Banyaknya hutang yang ada pada diri seseorang, umumnya karena orang tersebut tidak bisa mengelola pengeluaran di tiap bulannya. Memiliki kartu kredit juga sebagai faktor utamanya yang membuat banyak orang semakin mudah untuk melakukan hutang saat berbelanja.

Untuk mencegahnya, Anda harus meninggalkan kartu kredit supaya terhindar dari yang namanya kebiasaan buruk seperti berhutang. Anda masih bisa berbelanja memakai uang tunai dan memakai kartu debit untuk mengontrol jumlah pengeluaran yang terlalu besar.

4. Menyimpan Dana untuk Keperluan Darurat

Bagian yang sering tidak disadari oleh banyak orang yakni tidak sedikit masyarakat yang selalu mengandalkan kartu kredit dan hutang untuk bisa memenuhi berbagai macam pengeluaran tidak terduga. Tapi, jika Anda mempunyai dana darurat, maka tidak perlu berhutang lagi untuk memenuhi kebutuhan darurat yang ada.

Idealnya, jumlah dana keperluan darurat yaitu sebesar enam kali biaya hidup yang dikeluarkan tiap bulan. Dana darurat sendiri akan sangat berperan di masa depan. Dia akan berguna ketika Anda mengalami berbagai kebutuhan mendadak seperti, jatuh sakit dan butuh perawatan dan pengobatan, memperbaiki rumah yang rusak karena bencana alam, dan lain sebagainya.

5. Mempunyai Prioritas Keuangan Masa Depan

Apabila Anda sudah bebas dari jeratan hutang, Anda bisa membangun sebuah prioritas keuangan yang tujuannya untuk memiliki finansial yang sehat di masa depan. Anda dapat melakukannya dengan menyiapkan uang untuk pendidikan anak, uang untuk biaya renovasi rumah, melunasi rumah, melunasi mobil dan lain-lain.

Tidak sebatas itu saja, lakukan penghematan dari pendapatan yang dihasilkan per bulan dengan menyimpannya untuk keperluan dana darurat, agar keuangan keluarga Anda semakin aman apalagi jika tidak adanya hutang. Semuanya akan berjalan sangat mulus. Untuk itu, bijaklah dalam mengelola keuangan agar Anda dan keluarga bisa selamat.

6. Mencari Cara untuk Menambah Uang

Apabila Anda sedang mengalami jeratan hutang yang banyak, disarankan untuk memprioritaskan pengeluaran untuk bisa melunasi semua hutang yang ada. Terdapat begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa menambah penghasilan tiap bulan. Contohnya, seperti berhenti berlangganan siaran TV kabel, melakukan olahraga dirumah tanpa pergi ke tempat gym, atau dengan menjual beberapa barang yang sekira sudah tidak dibutuhkan lagi namun masih memiliki nilai bila dijual.

Semakin banyak memotong pengeluaran tentu semakin tinggi juga nominal uang yang dapat Anda aman kan untuk melunasi semua hutang. Mempunyai uang semakin banyak juga akan membuat hutang-hutang Anda cepat terselesaikan.

Ketika sudah berhasil keluar dari jeratan hutang, inilah saatnya untuk Anda memperbaiki pola kehidupan untuk memiliki masa depan yang sejahtera. Anda dapat menyisihkan sebagian penghasilan yang Anda miliki untuk melakukan investasi ke beberapa instrumen investasi. Dengan begitu kesehatan finansial Anda di masa depan lebih terjamin.