Cara Penuh Syukur dan Sabar dalam Menghadapi dan Menjalani Kehidupan

sabar dan syukur

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Kehidupan dalam dunia ini penuh dengan ujian, sehingga sebagai manusia harus siap menerimanya dengan berbagai sikap dan tindakan. Karena manusia diberikan hati dan logika untuk dapat berpikir dan merasakannya. Dengan begitu dapat lebih mudah menyelesaikan berbagai ujian dari sang pencipta kehidupan. 

Baik dari ujian kenikmatan dan kesengsaraan yang semuanya diberikan untuk melihat respon dari umatnya dalam menjalani kehidupan. Apakah lebih tambah syukur ketika keadaan baik-baik saja atau sabar ketika menghadapi masalah?Hal inilah membuat Allah SWT melihat mana umat yang taat dan paham mengenai agamanya atau sebaliknya. 

Sabar dan Syukur 

Kedua sifat ini merupakan bagian yang disukai oleh Allah SWT, karena tidak semua manusia dapat melakukannya. Bahkan Allah SWT secara terang-terangan dengan memuji umatnya yang memiliki sifat sabar dan syukur. Semua itu telah tertulis dalam QS Luqmaan ayat 31. Menjelaskan bahwa kesabaran dan penuh syukur bagian atau tanda dari kemahakuasaan Allah sebagai sang pencinta kehidupan. Tidak hanya itu saja, beberapa hadis pun menjelaskan bahwa sabar dan syukur menjadi bagian yang baik dalam menjalankan kehidupan yang penuh dengan ujian dan permasalahan ini. 

Oleh karena itu, sebagai umat yang beragama dan patuh terhadap perintahnya sudah seharusnya harus memahami dan menjalankan konsep penuh syukur dan sabar. Karena terkadang tidak semuanya berdasarkan dari keinginan sendiri. Anda harus melihat dan menjalankan keputusan yang diberikan oleh sang pencipta, dengan sabar dan penuh syukur. 

Tips Meningkatkan Syukur

Menjadi Manusia terkadang lalai dan tidak pernah ingat dengan pemberian Allah SWT, sehingga membuat semuanya terasa kurang. Hal inilah perlu untuk dipahami, karena sebagai manusia harus selalu bersyukur dalam segala keadaan. Karena memberikan kenikmatan dalam menjalankan kehidupan, berikut beberapa tips untuk meningkatkannya, yaitu :

1. Tidak Mengeluh 

Pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus terus mengingat bahwa semua yang diberikan oleh Allah SWT selalu ada alasannya. Untuk itulah, Anda harus memahaminya dan tidak mengeluh atas pemberian yang diberikan. Tetapi dilakukan dengan penuh syukur, karena kebahagian yang Anda miliki belum tentu dimiliki oleh orang lain. 

sabar dan syukur

Dengan begitu Anda harus siap dan selalu ucap syukur dengan berbagai keadaan yang menghampiri. Sehingga selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT. 

2. Berpikiran Positif 

Selalu berpikiran positif atas hal yang terjadi di dunia ini agar mendapatkan banyak keberkahan dari rasa syukur yang dilakukan. Sehingga Anda tidak terjebak dengan hal-hal yang tidak seharusnya dipikirkan. Jika berpikiran positif, setiap hari Allah SWT selalu memberikan nikmat kepada hambanya dan sebagai umat Anda harus memahaminya dan selalu berpikir positif. 

Baca Juga : Tips Menerima dan Menjalani Hidup dari Persoalan yang Pahit

3. Tidak Berlebihan 

Jika Anda sedang menanti hal yang diinginkan, terkadang membuat Anda sering lupa dengan konsep yang Allah SWT berikan. Terkadang membuat Anda terlalu berlebih dalam memikirkan suatu hal, sehingga jika hal yang dipikirkan tidak sesuai harapan membuat Anda sedih dan menyalahkan keadaan. Untuk itulah Anda harus fokus dengan yang dimiliki dan penuh syukur. 

Apabila Anda berlebihan dalam melihat suatu keadaan tidak akan mencapai titik kecukupan atau sesuai takaran. Karena selalu kurang dan pada akhirnya membuat Anda lupa akan syukur dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. 

Tips Meningkatkan Sabar

Setelah Anda memahami konsep syukur, maka selanjutnya adalah memahami makna dari kesabaran ketika terjadi berbagai permasalahan dalam kehidupan. Ada beberapa cara atau tips untuk meningkatkan rasa sabar tersebut. Apabila Anda penasaran, simak beberapa penjelasan lengkapnya dibawah ini, sebagai berikut :

1. Terbitlah Kesenangan dan Kebahagian 

Sang pencipta yaitu Allah SWT tidak pernah memberikan rasa pahit dan sedih dalam kehidupan secara terus menerus untuk hambanya yang patuh, penuh sabar, dan syukur. Untuk itulah, Anda harus tetap sabar atas musibah dan masalah yang menimpa. Karena Allah SWT tidak memberikan masalah terus menerus, karena dibalik kesulitan akan terbitlah kesenangan.

2. Bagian dari Rencana Sang Pencipta

Ketika Anda sedang menghadapi berbagai masalah yang menimpa setiap harinya, ingat saja bahwa hal tersebut telah menjadi bagian rencana Allah SWT. Sehingga membuat Anda selalu ingat dan dapat selalu sabar untuk menghadapinya. Karena selalu ada alasan yang terjadi. 

3. Mendapatkan Banyak Manfaat

Sebagai muslim yang taat seharusnya Anda sudah memahami beberapa ketentuan dan manfaat yang diberikan oleh Allah SWT. Sehingga dibalik kesedihan akan ada kesenangan begitupun dengan sebaliknya. Untuk itu, Anda harus bersikap sabar karena akan mendapatkan banyak manfaat. 

Karena Allah SWT menjadi penentu dan pemberi kehidupan di muka bumi ini, sehingga memahami dan memberikan keadilan yang tepat untuk setiap makhluk hidup di dunia. Oleh karena itu, Anda harus sabar dan jangan pernah menyalahkan apalagi menentang keputusan yang Allah SWT berikan. 

Nah itulah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika penuh syukur dan sabar dalam menjalani dan menghadapi segala sesuatu kehidupan. Semoga beberapa informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan berguna untuk kedepannya. 

 

shares