Deposito Syariah dan Manfaatnya untuk Masa Depan

deposito syariah

Sharing is caring!

Sebagai umat muslim yang taat, kita harus mempertimbangkan segala hal berdasarkan unsur haram atau halal. Termasuk dalam berinvestasi, jangan sampai keuntungan yang didapat adalah hasil riba. Untungnya saat ini ada banyak tawaran investasi yang berbasis syariah, sehingga bisa dijadikan pilihan tepat untuk Anda.  

Berbagai tawaran produk investasi halal dari perbankan yang hadir di tanah air bisa dipilih sesuai kebutuhan finansial. Misalnya deposito syariah yang minim resiko dan paling aman dari instrumen investasi lainnya. Tentu produk ini bisa jadi tawaran menarik bagi Anda memiliki keinginan untuk berinvestasi dengan halal tanpa khawatir adanya riba.

Namun sebelum memutuskan berinvestasi pada deposito syariah, Anda harus mengenali terlebih dahulu produk investasi ini beserta manfaatnya. Silahkan ikuti pembahasan berikut.

Mengenal Deposito Syariah

Deposito syariah dapat didefinisikan sebagai produk simpanan berjangka yang dikelola sesuai hukum syariah dan menggunakan prinsip mudharabah untuk nasabah perorangan maupun perusahaan. Produk investasi ini punya cara kelola yang berbeda dari deposito konvensional, menerapkan akad syariah sehingga menghasilkan keuntungan dari bagi hasil. Jadi, uang yang Anda tempatkan pada deposito syariah tidak akan mendapatkan bunga.

Nasabah yang melakukan investasi akan bertindak sebagai pemilik dana, sedangkan untuk pihak pengelola dananya adalah perbankan. Sebagai pihak yang mengelola, bank dapat mengembangkan dan melakukan berbagai macam usaha terhadap uang nasabah sesuai prinsip syariah.

Saat ini mengajukan deposito syariah dapat dilakukan secara online melalui aplikasi perbankan. Jadi, bisa dimana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi bank syariah. Anda bisa mendaftarkan produk deposito syariah secara online melalui smartphone yang terhubung dengan koneksi internet.

Cara Menghitung Bagi Hasil Deposito Syariah

Anda dapat menentukan bagi hasil deposito syariah dengan cara berikut ini:

(Jumlah deposito : jumlah seluruh deposito) keuntungan bank pada bulan tersebut x persentase bagi hasil.

Investasi syariah memberlakukan akad mudharabah, artinya setiap keuntungan yang diperoleh nasabah akan dihitung secara bagi hasil. Dalam akad tersebut, juga akan diatur tentang besar penghasilan dari instrumen investasi yang akan dilakukan bank terhadap uang nasabah. Biasanya bank menawarkan keuntungan 60% untuk nasabah dan 40% untuk bank. Jadi, jika Anda ingin menghasilkan banyak keuntungan dari investasi ini, maka Anda harus menyetor uang dalam jumlah besar.

Syarat Umum Membuka Deposito di Bank Syariah

Membuka deposito syariah merupakan suatu hal yang mudah, baik di aplikasi maupun di kantor cabang bank syaratnya cenderung sama. Berikut ini beberapa syarat umum untuk membuka deposito di bank syariah yang diperlukan nasabah:

  • Formulir aplikasi pembukaan rekening deposito.
  • Menyerahkan identitas pribadi seperti KTP/SIM/Paspor (perseorangan).
  • Untuk perusahaan, dapat menyerahkan bukti legalitas identitas dari badan hukum.
  • Menyetor sejumlah dana sesuai yang diinginkan.

5 Manfaat Deposito Syariah

Manfaat deposito syariah ada banyak, namun setidaknya ada 5 manfaat yang harus diketahui. Dibandingkan instrumen investasi lainnya, deposito syariah memang lebih aman, minim resiko, serta bebas riba. Uang yang Anda setorkan akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Indonesia.

  1. Simpanan Dana Darurat

Anda bisa mencarikan deposito syariah dengan pilihan tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Atau juga bisa diperpanjang dengan sistem ARO (Automatic Roll Over). Namun perlu diketahui, pencairan dana hanya bisa dilakukan setelah waktu jatuh tempo berakhir. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda mencairkan deposito syariah sebelum waktunya, maka akan ada penalti yang diberikan oleh bank.

Karena itu produk investasi ini sangat cocok digunakan sebagai simpanan dana darurat. Karena Anda tidak bisa mengambil uangnya seperti pada rekening tabungan.

  1. Jaminan pembiayaan

Deposito dengan akad syariah layaknya surat berharga yang bisa digunakan sebagai jaminan pembiayaan. Jadi jika sewaktu-waktu butuh dana pembiayaan untuk modal usaha ataupun kebutuhan mendesak lainnya, Anda dapat menjadi produk investasi ini. Untuk lebih jelasnya lagi tentang tipe pembiayaan yang dapat menggunakan jaminan dari deposito syariah, silahkan tanyakan langsung pada bank tempat Anda berinvestasi. Karena, setiap bank mempunyai kebijakannya masing-masing dalam hal mengatur jaminan pembiayaan deposito syariah.

  1. Pasti Halal dan Bebas Riba

Bank akan memutar uang dan menghasilkan keuntungan dengan cara yang halal. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir dengan riba, karena sudah pasti bank akan menggunakan hukum syariah ketika memutar dana deposito Anda. Sebagai umat muslim yang taat, Anda tentu tidak ingin menikmati sesuatu yang didapat dari sektor-sektor yang bertentangan dengan Islam bukan. Maka dari itu, pilihlah produk deposito syariah yang terjamin halal.

  1. Hitungan Keuntungan Sesuai Keinginan Nasabah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hitungan keuntungan deposito syariah akan menggunakan sistem bagi hasil. Jadi tidak berdasar pada besaran suku bunga seperti milik deposito konvensional. Keuntungan lainnya adalah para nasabah bisa mengatur sendiri besar pembagian hasil saat melakukan akad dengan bank di awal pendaftaran deposito.

  1. Dijamin Aman

Dana Anda akan dijamin oleh LPS, sehingga tetap aman meskipun bank mengalami kebangkrutan. Adapun jumlah dana deposito syariah yang dijamin oleh lembaga ini ada sebesar 2 miliar rupiah paling maksimal.

Nah, itulah mengenai deposito syariah dan beberapa manfaatnya. Gunakan produk perbankan yang halal ini supaya keuangan Anda semakin bertambah berkahnya.