Deretan Novel Islami Buatan Penulis Indonesia yang Layak Kamu Baca

novel islami

Sharing is caring!

Dua tahun terakhir seolah terlihat sangat kelam jika dibandingkan oleh tahun sebelumnya. Dimana kehadiran pandemi Covid-19 membuat masyarakat dunia melakukan berbagai aktivitas di rumah saja sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

Walaupun begitu, Anda harus tetap membahagiakan hati dan pikiran dengan melakukan kegiatan rohani untuk menyejukkan hati dan pikiran secara menyeluruh. Apalagi jika Anda merupakan orang-orang yang suka membaca buku atau novel. Anda bisa membaca novel islami buatan orang-orang hebat di dalam negeri. Nah, berikut ini beberapa novel Islami yang layak untuk dibaca.

1. Bidadari Berbisik

Untuk Anda yang mengenali Asma Nadia, dan sering membaca novel buatannya. Di tahun 2020 dia berhasil merilis buku baru yang berjudul Bidadari Berbisik. Dimana novel tersebut menceritakan tentang Ning dan akan menyusul adik kembar dia yang bernama Ayuni di Jakarta.

Dengan bermodal informasi seadanya, Ning berniat untuk menyusul adiknya di Jakarta, hal ini dikarenakan Ayuni telah lama sekali tidak memberikan sebuah kabar sampai membuatnya dirinya khawatir.

Di dalam perjalan, Ning malah terjebak di antara ingin mencari jejak hilangnya kabar Ayuni dan juga ancaman kejahatan yang bisa menimpanya.

2.  Langkah Kaki

Untuk Anda para penikmat Wattpad tentu sudah tidak asing dengan buku berjudul Langkah Kaki milik Shineeminka tersebut. Tulisan ini sudah dibaca sekitar 2,2 juta pembaca di Wattpad. Novel ini akhirnya berhasil dibukukkan serta di rilis di bulan Maret 2020 kemarin.

Langkah Kaki menceritakan kehidupan sebuah pernikahan yang kenyataannya tidak semanis yang dipikirkan sebelumnya, dimana tidak hanya berisikan kisah yang bahagia saja, namun sebuah pernikahan juga mempunyai kisah yang mampu membuat hati dari masing-masing pihak menjadi ragu.

Sampai sebuah peristiwa yang tidak diinginkan yang muncul dari kecerobohan dan membuat pasangan yang berusaha mencintai sepenuh hati tersebut jadi timbul perasaan benci, serta  menumbuhkan kekecewaan di dalam hatinya. Hubungan rumah tangga pun berada di ujung tanduk.

Setiap langkah kaki suatu saat akan dimintai sebuah pertanggungjawaban. Kemanakah langkah kaki ini membawaku? Mungkinkah terhenti sampai disini, atau dia akan terus berjalan walau perih dan tertatih demi mendapatkan sakinah bersama insan yang terkasih?

3. Kekasih Impian

Sangat mustahil apa mengagumi dan mencintai seseorang tanpa ada rasa untuk bisa memilikinya. Kondisi ini yang disusun oleh Wardah Maulina ketika dia menulis novelnya yang berjudul Kekasih Impian.

Novel tersebut bercerita petualangan asmara dengan sang suaminya. Bagaimana dia pertama kali merasa jatuh cinta di satu postingan foto pada akun Instagram lelaki yang dia idamkan, lalu berlanjut ke perasaan jatuh cinta. Menggunakan bantuan yang doa yang tidak pernah putus, yang maha kuasa akhirnya menunjukan kebesarannya dimana doa yang diucapkan terkabul dan mendapatkan kehidupan yang selama ini diinginkan.

4. Di Atas Sajadah Cinta

Novel berjudul Di Atas Sajadah Cinta adalah salah satu cerita terbaik dan masuk ke golongan best seller. Novel satu ini karya dari Habiburrahman El Shirazy, dan pertama kali dirilis pada tahun 2006 silam. Walaupun sudah termasuk lama, namun sampai saat ini novel tersebut masih laris manis dan sangat populer.

Pada novel Di Atas Sajadah Cinta ini terdapat 38 cerita mengenai teladan Islami dan diambil dari kisah nyata. Dimana semua kisah didapat dari sahabat sang penulis, dan kisah-kisah yang mengandung nilai Al-Qur’an dan As-sunnah dibalut dalam bahasa fiksi mampu membuat hati dan pikiran menjadi tentram, serta mudah bagi para pembaca untuk mempraktekkan ajaran Islam.

Selain itu penambahan diksi yang kuat, serta dibumbui oleh tulisan puitis akan membuat hati semakin teriris. Agar tidak penasaran, Anda sebaiknya langsung membeli buku tersebut dan rasakan sensasinya.

5. Tuhan Maha Asyik 2

Dari bab yang sebelumnya dimana novel berjudul Tuhan Maha Asyik karya Sujiwo Tejo kembali hadir dan dituangkan sebuah cerita berkelanjutan dari novel sebelumnya ke part ke-2. Dimana dengan membawa novel tersebut dapat mengenalkan Anda lebih dekat terhadap Tuhan melalui buku tersebut. Pastinya dibalut dengan cerita yang ringan melalui sisi kehidupan dari anak-anak.

Sujiwo Tejo memiliki cara untuk memaknai Tuhan, dimana dia menyampaikannya lewat kisah menarik  melalui para tokoh seperti Pangestu, Kapitayan, Samin, Buchori, Parwati, Dharma, Christine, yang diiringi oleh kearifan Pak Guru Biologi dan Guru Matematika.

Di dalam novel Tuhan Maha Asyik 2 tersebut, Sujiwo Tejo turut meyakinkan para pembaca bahwa kitab suci dan agama dihadirkan oleh tuhan untuk disebadani dan dijiwai oleh seisi alam semesta. Pastinya dengan bermacam baha musik, bahasa-bahasa lukisan, bahasa aroma dan lain sebagainya.

Para pembaca seolah sedang diceramahi, namun tidak ditemukan doktrin yang biasa disampaikan oleh penceramah kebanyakan. Di dalam novel tersebut Anda akan merasakan ceramah agama yang ringan namun memiliki nilai tinggi.