Hikmah Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Bagi Umat Muslim

hikmah puasa ramadhan bagi muslim

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Setiap tahun, seluruh umat Islam di dunia pasti akan bertemu dengan bulan Ramadhan menjalankan ibadah berpuasa selama satu bulan. Untuk bulan Ramadhan, puasa merupakan kewajiban setiap muslim yang telah dewasa dan sesuai dengan ketentuan hukum seperti sudah baligh dan berbagai syarat wajib lainnya. 

Jika ada yang tidak menjalankan, akan berdosa dan wajib menggantinya di kemudian hari dan harus juga membayar Fidyah. Puasa di bulan Ramadhan juga melatih seseorang untuk lebih religius.

Ibadah puasa Ramadhan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Maka karena itu, kedua kata puasa dan Ramadhan ini tampaknya memiliki keterkaitan satu sama lain. Ramadhan begitu penting dan utama sehingga menjadi salah satu dari lima pilar dalam Agama Islam. Hukum wajibnya menjalankan ibadah berpuasa bulan Ramadhan tertuang dalam firman Allah SWT, yaitu ayat 183 di Surat Al-Baqarah.

Dengan adanya ibadah puasa pada bulan Ramadhan, Allah SWT berusaha menjadikan manusia lebih shalih, hamba yang berperilaku baik dan pada akhirnya memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan kata lain, puasa sebenarnya tidak hanya memiliki nilai kewajiban yang harus dipenuhi, tetapi ada juga manfaat yang sangat besar di baliknya.

Banyak Muslim sendiri bahkan tidak mengetahui manfaat Ramadhan. Mereka hanya melakukan ibadah semacam ini untuk memenuhi kewajibannya, bahkan terkadang dianggap sebagai beban yang berat. Banyak dari umat Islam sendiri bahkan tidak mengetahui manfaat Ramadhan. 

Mereka hanya melakukan ibadah semacam ini untuk memenuhi kewajibannya, bahkan terkadang dianggap sebagai beban yang berat. Maka dari itu, dibawah ini kita akan membahas Hikmah-Hikmah menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan.

  • Menjadikan Kita Lebih Bertakwa dan Beriman Kepada Allah SWT

Pada surat Al-Baqarah ayat 183 menjelaskan bahwa salah satu hikmah berpuasa pada bulan Ramadhan yaitu dapat menjadikan kita lebih bertakwa kepada Allah SWT dengan kata lain kita akan lebih mematuhi semua perintahnya dan menjauhi larangannya. 

Pada saat menjalankan ibadah berpuasa, kita tidak dibolehkan untuk makan, minum, berhubungan badan, dan semua dorongan hawa nafsu yang berasal dari kita sendiri. Bentuk ketakwaan yang lain adalah meninggalkan kesenangan duniawi  yang banyak menggoda untuk membatasi nafsu saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Intinya, keyakinan atau keimanan seseorang bisa bertambah atau juga bisa berkurang seiring waktu. Keimanan akan meningkat karena melakukan semua jenis ketaatan, dan keimanan akan menurun karena berbuat dosa atau juga bermaksiat. Puasa membantu kita menghindari segala macam perilaku tidak etis yang dapat mengurangi pahala puasa, seperti membicarakan orang lain, berbohong, mencuri dan berbagai kegiatan maksiat lainnya.

Baca Juga : Pahala dan Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

  • Menjadi Manusia yang Lebih Baik

Saat sedang menjalankan ibadah berpuasa, tanpa disadari kita akan selalu berbuat kebaikan dan menjauhi larangan-larangannya. Oleh karena itu, hikmah puasa Ramadhan berikutnya adalah kita ingin terus bekerja keras menjadi lebih baik. Karena , jika kita melakukan perilaku dosa dan bermaksiat, maka puasa satu hari tidak akan ada gunanya.

hikmah puasa ramadhan bagi muslim

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kita akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal positif dan bermanfaat, seperti menjalankan ibadah dan bertakwa kepada Allah SWT. Kita juga wajib melepaskan segala macam keinginan duniawi yang berasal dari hawa nafsu manusia. Hal ini dilakukan untuk satu tujuan, yaitu menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  • Lebih Menghargai Nikmat dari Allah SWT

Sebagai manusia biasa, kita tidak akan bisa menghitung betapa banyaknya nikmat yang Allah berikan kepada kita selama kita hidup di dunia. Meski begitu, banyak orang yang masih belum mensyukuri hal itu. Melalui puasa hendaknya kita lebih mensyukuri hal-hal yang selama ini mudah didapat setiap hari. Dengan cara ini, pandangan kita tentang nikmat Allah yang diberikan kepada kita secara mudah akan berubah dan akan lebih bersyukur.

  • Menjadikan Hidup Kita Lebih Sehat

Di era yang semakin hari segala hal menjadi instan, makan banyak kita jumpai makanan kurang gizi bertebaran dimana-mana. Akibatnya, racun semakin banyak menumpuk di tubuh kita. Cara terbaik adalah membuang segala macam racun dari tubuh dengan berpuasa. 

Saat berpuasa, tubuh secara alami melakukan detoksifikasi. Bahkan dokter muslim terkenal Ibnu Sina pun mengadopsi konsep puasa untuk pasiennya. Setiap pasien yang datang kepadanya harus berpuasa selama tiga minggu. Hal ini bertujuan untuk memberikan jeda pada metabolisme tubuh umat manusia.

Jika kita bisa menjalankan ibadah berpuasa di bulan Ramadhan semaksimal mungkin, itu akan menjadi suatu hikmah yang sangat bermanfaat bagi kita umat muslim. Harapan memahami hikmah puasa di bulan Ramadhan akan membuat kita menjadi lebih baik dalam menjalankan ibadah puasa.