Inilah Beberapa Keistimewaan Beramal Lewat Fitur E-Commerce 

beramal lewat fitur e-commerce

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Sebagai manusia tentu kita tidak bisa hidup sendiri dengan baik, manusia memiliki insting untuk selalu berbagi antar sesama. Seperti membagikan sebagian hartanya untuk mereka yang tidak mampu atau yang lebih membutuhkan dalam bentuk sedekah dan menjadi rutinitas yang tak boleh dilewatkan untuk sebagian orang, khususnya bagi umat muslim.

Agar bisa bersedekah biasanya seseorang datang ke sebuah masjid atau bentuk yayasan yang dapat menampung sedekah tersebut yang nantinya akan disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan. Seiring berkembangnya teknologi yang sangat pesat, dengan adanya sistem pembayaran digital, saat ini masyarakat Indonesia bisa bersedekah dengan mudah yakni melalui ponsel.

Bersedekah lewat sistem pembayaran elektronik ternyata semakin banyak diminati oleh masyarakat sebab kemudahan dalam mengakses. Banyak ragam aplikasi sedekah online yang sudah tersedia sebagai sarana pendukung aktivitas tersebut. Seperti Rumah Zakat atau Baziz Jakarta.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan Go-pay yang merupakan dompet elektronik yang disediakan dari aplikasi Go-Jek itu sendiri sudah turut menjadi tempat untuk bersedekah. Selama Ramadhan tahun 2020 sudah lebih dari tiga ribu pengguna aplikasi Go-Jek memberikan donasi melalui Go-Pay sampai menyentuh nilai 100 juta untuk bulan Ramadhan 2020.

Dengan begini tentu akan mendorong banyak masyarakat untuk melakukan sedekah melalui berbagai e-commerce yang memberi fasilitas tersebut, karena dengan adanya sedekah online, dapat memudahkan mereka untuk bersedekah kapan saja dan dimana saja tanpa harus pergi dan bertatap muka langsung kepada orang lain yang dimana sangat membahayakan ketika masa pandemic seperti ini.

Kehadiran fitur-fitur e-commerce sebagai penyedia layanan sedekah online sangat dirasakan bagi mereka yang tidak memiliki waktu luang untuk pergi, mereka yang sibuk dan bekerja di luar kota, untuk mereka yang sedang sakit, dan untuk orang-orang yang takut akan melakukan kontak terhadap orang lain selama masa pandemi.

Dengan ini terdapat beberapa manfaat untuk masyarakat yang ingin beramal menggunakan fitur-fitur dari beberapa e-commerce yang menyediakan layanan sedekah online atau uang elektronik. Berikut ulasannya.

1.       Hemat Waktu

Jika kamu seseorang yang memiliki kesibukan atau jam kerja yang sangat tinggi tentu dengan hadirnya fitur e-commerce sebagai layanan sedekah online menjadi ide yang sangat membantu kamu ketika akan menunaikan sedekah. Dengan begitu kamu tidak perlu harus pergi ke masjid atau ke sebuah yayasan sebagai penyalur dana yang nantinya akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

beramal lewat fitur e-commerce

Dengan fitur e-commerce kamu tinggal mendonasikan uang yang ingin kamu sedekahkan dan cepat praktis dan mudah. Untuk keamanannya kamu bisa memeriksa platform tersebut dari ulasan para pengguna sebelumnya di website resmi atau di kolom komentar dari sosial media platform, dengan begitu kamu bisa menimbang soal keaslian dari platform yang akan digunakan.

2.       Efektif dan Efisien

Jika kamu sedang sakit atau sedang berhalangan, kamu bisa menggunakan fitur dari e-commerce untuk menyalurkan bantuan kamu lewat teknologi online. Selain efisien soal waktu, tentu dengan menggunakan layanan tersebut akan membuatnya lebih efektif karena dana yang di donasikan bisa langsung sampai ke yayasan terpercaya dari platform yang kamu pilih.

Tentu dana yang disedekahkan akan langsung sampai ke yayasan penyalur akan tetapi kamu juga harus pintar dalam memilih platform amal online, sebab saat ini sudah banyak platform penipuan dengan kedok sedekah online namun dana yang diterima disalahgunakan.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Nabi Musa, Sosok Teladan

3.       Berkah

Dengan melakukan sedekah atau menunaikan sebuah zakat tentu akan menghasilakn banyak keberkahan baik untuk mereka yang di beri bantuan hingga mereka yang memberi bantuan. Untuk pemberi sedekah sendiri akan senantiasa selalu diberi kelancaran dalam rezekinya dan lipat gandakan penghasilannya setiap dia bekerja.

Sementara untuk mereka yang diberi sebuah bantu donasi juga mendapatkan banyak keberkahan, salah satunya bantuan dana yang bisa mereka gunakan untuk menyambung hidup dan mensejahterakan keluarganya agar bisa hidup lebih layak dan lebih menyadari bahwa pentingnya berbagi. Hal positif ini akan tertanam di benak mereka sehingga besar kemungkinan akan dipraktekkan kepada orang lain suatu saat nanti.

4.       Lebih Cepat dari Sedekah Offline

Jika berbicara tentang e-commerce pasti semuanya ada kaitannya dengan teknologi yang praktis, dan bila kamu menggunakan platform yang menyediakan layanan beramal tentu akan membuat prosesnya lebih cepat dibanding melakukannya secara offline. Sebagian tempat memerlukan antrian ketika akan melakukan donasi karena bukan hanya kamu saja yang melakukan sedekah.

Dengan menggunakan fitur pada e-commerce kamu bisa melakukan transaksi dan proses lebih cepat daripada beramal offline atau secara langsung. Bagi kamu yang bingung berawal melalui layanan platform tidak perlu khawatir, biasanya ada petunjuk bagi kamu sebagai pengguna baru agar bisa mengoperasikan fitur dengan baik dan benar.

 

 

 

 

shares