Kenali Ciri-ciri Aplikasi Pinjaman Online Tidak Resmi

pinjaman online tidak resmi atau illegal

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Di zaman serba online ini, pinjaman dana pun sudah ada dalam bentuk aplikasi online. Jadi yang bisa online tidak hanya marketplace, bayar tagihan, atau game saja, melainkan ada pinjaman online yang bisa membantu masyarakat saat membutuhkan uang. Dengan modal ponsel pintar, masyarakat bisa mengakses layanan pinjaman tanpa batas waktu dan dimana saja. Tidak ribetnya syarat yang diminta kepada para calon peminjam merupakan kemudahan dan akses yang diberikan oleh pihak lembaga pinjaman online. 

Dengan akses tersebut membuat banyak oknum penipu berkedok pinjaman online memanfaatkan kondisi ini. Dan tidak sedikit pula masyarakat yang berhasil ditipu kelompok tidak bertanggung jawab berkedok pinjaman online. Jangan sampai Anda terkecoh oleh pinjaman online tidak resmi yang belum jelas latar belakangnya. Oleh sebab itu, kenali ciri-ciri aplikasi pinjaman online ilegal berikut ini.

Aplikasi Pinjaman Online Tidak Resmi, Kenali Ciri-cirinya

Jangan menyesal jika akhirnya uang Anda dibawa kabur oknum penipu berkedok pinjaman online. Tetaplah waspada meski sedang butuh pinjaman dana cepat, jangan sampai Anda yang selanjutnya jadi korban penipuan. Ketahui ciri-ciri pinjol tidak resmi berikut ini :

Tidak Ada Syarat dan Ketentuan Berlaku

Semua orang bisa mengajukan dana pinjaman online setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang diminta lembaga keuangan tersebut. Namun, jika tidak ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan kepada calon peminjam, maka Anda patut curiga. Pihak penyelenggara pinjaman online tidak akan begitu saja memberikan semua orang kebebasan mengakses bantuan dana tanpa syarat.

syarat dan ketentuan sebagai ciri pinjaman online resmi

Karena takut tidak bisa memenuhi syarat dan ketentuan tersebutlah maka banyak masyarakat lebih memilih pinjaman ilegal ini. Jika menemukan pihak penyelenggara yang hanya meminta nama dan nomor telepon calon peminjam tanpa syarat tambahan, maka waspadalah. Sudah jelas bahwa pihak tersebut merupakan pinjaman online ilegal yang tidak bisa dipercaya.

Menawarkan Produk dengan Cara Memaksa

Jika pinjaman online resmi pada umumnya memiliki aplikasi atau website yang memuat informasi pengajuan dana, maka berbeda dengan pinjaman online tidak resmi. Pinjaman online tidak resmi tidak memiliki aplikasi maupun website yang bisa diakses calon nasabah. Layanan pinjol hanya akan mereka tawarkan lewat media sosial ataupun pesan singkat melalui SMS ke nomor pribadi. Ada pula tawaran melalui telepon yang mana bersifat memaksa calon nasabah dengan iming-iming dana cepat cair dan bebas syarat.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah jika ada nomor tidak dikenal tiba-tiba menghubungi Anda dan menawarkan pinjaman online cepat cair tanpa syarat. Jelas bahwa telepon tersebut berasal dari pihak ilegal yang hanya bisa menyebabkan kerugian di masa depan. Jadi perlu diingat, semua informasi dan tawaran produk pinjaman hanya ditawarkan melalui aplikasi atau website resmi layanan saja. 

Baca Juga : Mengenal Sejarah Lahirnya Baitulmal Pada Era Nabi Muhammad SAW dan Khalifah

Meminta Sejumlah Uang di Muka

Jangan pernah percaya kepada pinjol yang meminta sejumlah uang di muka. Pinjaman online resmi tidak akan pernah memungut biaya administrasi atau uang muka kepada calon nasabah sepeserpun. Sedangkan pinjaman online tidak resmi akan meminta uang dengan embel-embel biaya administrasi yang harus dibayarkan calon nasabah. Jangan percaya dengan alasan uang tersebut merupakan syarat supaya pengajuan dana cepat cair. Tidak sedikit orang yang tanpa berpikir panjang saking butuh dana cepat cair sehingga percaya saja dengan alasan tersebut.

tidak meminta uang di muka ciri pinjaman online resmi

Perhatikan terlebih dahulu bagaimana kesepakatan yang diajukan dan jangan pernah memutuskan hal ini secara terburu-buru. Jangan sampai pinjol abal-abal membawa kabur uang dengan begitu mudahnya. 

Meminta Bayaran Melalui E-Money atau Rekening Pribadi

Semua kegiatan pinjol resmi mulai dari pengajuan dana sampai pembayaran cicilan melalui rekening atas nama perusahaan. Jadi, apabila ada pinjol meminta pembayaran melalui rekening pribadi, maka jangan ditanggapi. Pinjol yang belum mendapat izin sering melakukan modus penipuan menggunakan cara tersebut. Carilah informasi pembayaran cicilan melalui website atau aplikasi pihak peminjam terlebih dahulu agar tidak termakan modus penipuan.

Informasi Pinjaman Online Tidak Valid

Penting untuk memperhatikan informasi pribadi pinjaman online yang Anda pilih. Pinjaman online legal atau tidaknya bisa dilihat dari kejelasan informasi perusahaan mereka. Aplikasi atau website akan dicantumkan informasi lengkap perusahaan pinjaman online yang dapat divalidasi kebenarannya.

pinjaman online tidak resmi atau illegal

Sedangkan pinjol tidak resmi tidak memiliki informasi perusahaan yang valid. Meskipun tercantum bisa dipastikan informasi tersebut palsu dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Identitas perusahaan tidak ada salahnya dicari tahu terlebih dahulu dan divalidasi agar tidak terjebak pinjol abal-abal.  

Meminta Informasi Pribadi Calon Peminjam

Pinjol legal umumnya hanya meminta kelengkapan data calon peminjam seputar nama lengkap, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi saja. Meskipun pinjol legal juga meminta rekening bank, biasanya hanya untuk kegiatan pencairan dana dan pengecekan riwayat kredit calon peminjam saja.

Berbeda dengan pinjaman online ilegal yang mana meminta calon peminjam menyerahkan informasi pribadi yang bersifat rahasia. Jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada pihak penyelenggara dengan ciri-ciri tersebut. Waspadalah terhadap pinjaman online yang belum memiliki izin resmi dari lembaga pengawas.

Untuk mengetahui aman tidaknya suatu aplikasi pinjaman online, maka Anda bisa memastikan secara langsung nama perusahaan tersebut melalui lembaga OJK. Nah, itulah ciri-ciri yang harus dikenali dari aplikasi pinjaman tidak resmi beserta perbandingannya. Semoga bermanfaat.

 

shares