Melangsungkan Pernikahan Sesuai Perintah dan Hikmahnya

perintah dah hikmah menikah dalam Islam

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Perintah untuk melakukan pernikahan telah banyak dibahas dalam Al Quran dan sunnah Rasulullah. Melaksanakan pernikahan itu termasuk perintah dalam ajaran Agama Islam, sehingga apabila Anda sudah mampu segeralah untuk menikah dengan lawan jenisnya. Selain itu, melangsungkan pernikahan membentuk ikatan lahir dan batin antara kedua pasangan dalam satu rumah tangga yang sesuai dengan norma dan agama. 

Pernikahan itu dapat menjadi sebuah janji atau akad ijab qabul dari kedua belah pihak, baik laki-laki dan perempuan. Tujuannya untuk menghalalkan hubungan suami istri yang sah dan sesuai dengan syarat dan rukun Islam. Untuk itu, berikut ulasan lengkap mengenai perintah menikah dan hikmahnya. Simak penjelasannya dibawah ini.

Perintah Untuk Menikah

Menikah itu salah satu bagian yang penting dalam Islam dan telah di perintahkan oleh Allah SWT untuk dapat langsung melaksanakannya. Menikah itu telah tertuang dalam surah an-nur 24:32 berbunyi : “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendiri (perempuan yang tidak mempunyai suami atau laki-laki yang tidak memiliki istri) di antara kalian dan orang-orang Saleh di antara para hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka dalam keadaan miskin, Allah lah yang akan menjadikan kaya dengan karunia-Nya.”

perintah dah hikmah menikah dalam Islam

Melangsungkan pernikahan, apabila Anda sudah siap dan sudah dewasa Allah akan menjamin segala keinginan yang Anda kehendaki. Untuk itu, walaupun memiliki ekonomi yang sedang buruk, apabila sudah mempunyai niat tidak ada salahnya untuk melanjutkan jenjang ke lebih suci yaitu pernikahan. Tidak hanya itu, Rasulullah SAW dalam beberapa hadis yang ada selalu memberikan penjelasan dengan lengkap mengenai pernikahan. Terpenting adalah membulatkan tekad dan niat untuk menjaga diri dari fitnah, zina dan kemaluan dengan jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Hal lainnya yang menjadikan menikah itu adalah bagian dari perintah agama.

Tetapi bukan menikah itu sebagai paksaan, tetapi dalam hadis lain pun menjelaskan bahwa menikah itu untuk orang yang mampu dan jika belum dapat dengan berpuasa. Tidak lain juga salah satu hadis menjelaskan bahwa menikah itu sebagian dari sunah rasul, apabila tidak melakukannya dan menolak bukan termasuk golongan Nabi Muhammad SAW. Nah, itulah pentingnya untuk melangsungkan pernikahan dalam Islam, apabila Anda sudah mampu dan mempunyai niat, maka segera langsung kan pernikahan. Tidak perlu mengkhawatirkan Apapun karena akan selalu dijaga oleh Allah SWT dan termasuk bagian dari sunnah Rasulullah. Terpenting melakukan hal terbaik, selalu berdoa dan berusaha, kalau Allah SWT yang mengatur segalanya. 

Baca Juga : Puasa Asyura, Sejarah, Keutamaan dan Hikmahnya

Hikmah Menikah

Ada beberapa hikmah setelah Anda membaca perintah Allah SWT dan mengetahui hukumnya, dengan begitu, pada kesempatan ini kami akan membahas berbagai hikmah menikah. Berikut ini mengenai hikmah menikah, sebagai berikut :

Membentuk Akhlak Terpuji 

Melangsungkan pernikahan dan membentuk keluarga itu merupakan sebagai usaha dan upaya dalam membentengi diri yang dapat menjaga harkat martabat sebagai hamba Allah yang baik dan patuh. Akhlak dalam Islam semacam kunci kehidupan dan penting, Tidak ada lagi akhlak dalam kehidupan itu sebagai tanda hilangnya harkat dan martabat yang membuat manusia itu tidak ada lagi pandangannya. 

Hal ini akan mempengaruhi bangsa dan merusak tatanan kehidupan baik dari sisi agama dan norma yang terjadi dalam masyarakat sekarang ini. Sekarang ini, orang-orang sudah tidak mementingkan pernikahan, terpenting bersama dan tidak ada ikatan yang suci, itu menjadi tanda kemunduran. 

Menjadikan Hidup Tenang dan Tentram

Menikah itu sudah dijanjikan oleh Allah SWT ketenangan dan ketentraman, ini sudah tercantum dalam surah Al Quran dan beberapa hadis Rasul SAW. Tentunya menikah itu memberikan banyak hikmah dan bukan kesengsaraan. Dengan menikah, maka dapat menyempurnakan agama. Rasa tentram dan tenang ini ada dalam Surat Ar-Rum ayat 21. Dalam Surat Al Quran tersebut Allah SWT menciptakan manusia itu berpasang-pasangan dengan tujuan untuk menentramkan dan membentuk kasing sayang yang utuh.

Dijelaskan juga dalam surat tersebut bahwa menikah itu sebagai bagian dari kebesaran Allah SWT. Jadi, ketika Anda sudah memutuskan untuk menikah, maka segerakan lah karena apabila semuanya diserahkan kepada Allah SWT atas izinnya semuanya akan lancar dan tenteram. Tidak perlu untuk mengkhawatirkannya karena semuanya telah diatur dan termasuk bagian kebesaran dari Allah SWT yang maha pemberi segalanya. 

Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Maksiat

Melangsungkan pernikahan itu untuk menjauhkan diri dari perbuatan setan yang terkutuk dan ini menjadi solusi terbaik dalam Islam. Dengan adanya ikatan suci antara laki-laki dan perempuan akan menjadikan pasangan yang tidak melakukan perzinaan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Untuk itu, menikah memiliki hikmah yang sangat luar biasa yang dapat memberikan jalan yang benar dan mengarahkan seksual pada hal yang diridhoi dan halal.

Bahkan, dalam sebuah hadis Rasulullah SAW menyebutkan bahwa ketika Anda sebagai seorang pemuda, apabila Anda sudah dewasa dan mempunyai kesempatan langsung saja untuk menikah. Karena menikah itu menjauhkan diri dari perbuatan zina dan fitnah serta mampu untuk memelihara diri.

Demikianlah pembahasan mengenai perintah menikah dan hikmahnya, ketika Anda sudah merasa mampu dan memiliki pasangan jangan ragu untuk melangsungkan pernikahan. Karena, semuanya dijamin oleh pemberi kehidupan yaitu Allah SWT.