Pahala dan Keutamaan Membaca Al Quran di Bulan Ramadhan

pahala dan keutamaan membaca al-quran di bulan ramadhan

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Sebagai seorang umat Muslim, membaca “Alquran” merupakan suatu kewajiban serta juga menjadi sebuah kebutuhan. Alquran bermanfaat bagi kemanusiaan dan memuat berbagai solusi dan petunjuk bagi kehidupan manusia, fungsinya tidak hanya sebagai isi teks bacaan, tetapi juga pemahaman dan penerapan dalam kehidupan manusia. Namun, hal ini sering kali diabaikan dan dilewatkan begitu saja.

Kandungan atau isi dalam  Al Quran mengenai berbagai urusan kehidupan manusia, seperti ekonomi, hukum, pendidikan, keluarga, pasangan, ilmu alam, akhirat, dan juga berbagai hal lain. Oleh karena itu, umat Islam yang telah membaca Alquran akan menemukan khazanah Islam yang dalam, dan tentunya akan lebih mengikuti hukum dan ilmu lainnya yang ada di alam semesta.

Sebagai seorang umat muslim, kewajiban membaca Alquran tidak hanya selesai di suatu waktu saja. Tentu saja, Allah memerintahkan kita untuk membacanya setiap saat dan menjadi penunjuk jalan. Namun, membaca Alquran saat Ramadhan tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Membaca Alquran saat Ramadhan memiliki keutamaan dan keunikan tersendiri bagi umat Islam.

Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim yang ada dimana saja, dan Allah telah membuatnya spesial untuk kita semua umat Islam. Selama Ramadhan, semua amalan dilipat gandakan dengan pahala mereka, termasuk banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari menjalankan puasa di bual Ramadhan.

Namun, yang dimaksud membaca Al Quran di sini tidak hanya cukup membaca seperti biasa, tetapi juga membaca dan mencicipi maknanya bagi kehidupan kita sebagai manusia. Dari situ kita akan mendapatkan banyak hikmah dan ilmu yang mendalam dari membaca Alquran. Berikut ini beberapa pahala dan keutamaan membaca Al Quran di bulan Ramadhan:

  • Pahala yang Berlipat

Dalam suatu Hadits menunjukkan bahwa selama bulan Ramadhan, pahala yang akan kita dapat meningkat secara berlipat-lipat. Maka dari itu, saat ketika membaca Alquran pada bulan Ramadhan, selama niatnya baik, kita akan diberi pahala berkali-kali, karena kita ingin beribadah dan memahami Alquran dengan benar.

pahala dan keutamaan membaca al-quran di bulan ramadhan

Pada bulan Ramadhan Allah SWT akan memberikan pahala yang lebih untuk memberi semangat umat Islam dalam ibadah. Tentu saja kita berharap tidak meninggalkan kebiasaan beribadah, membaca Al Quran dan hal baik lainya setelah Ramadhan selesai. Maka dari itu, yang paling utama tidak hanya membacanya secara rutin selama Ramadhan, tetapi juga bagaimana konsisten dan mengembangkan kebiasaan baik setelah Ramadhan selesai dan seterusnya.

  • Terhindar dari Godaan Setan

Saat sedang membaca Alquran, kita akan fokus pada apa yang kita baca. Karena itulah, setan tidak suka dengan kebiasaan membaca Alquran, karena sulit baginya untuk menggoda dan membisikkan godaan kepada manusia. Membaca Alquran juga dapat mencegah kita melakukan perilaku tidak bermoral seperti yang disukai setan.

Setan sangat membenci orang-orang yang membaca Alquran, karena dengan itu, keyakinan kita kepada Allah SWT dan kemampuan kita untuk mendapatkan manfaat dari keimanan kepada Allah SWT akan menjadi semakin kuat. 

Selain itu, bagi kita akan tampak bagaimana kebajikan cinta kepada Rasulullah dan memenuhi peran manusia sesuai dengan yang ada dalam Alquran. Setan tentunya tidak menyukai orang-orang seperti itu, sehingga kita akan terhindar dari godaan dan hal hal buruk lainnya.

Baca Juga : Inilah Beberapa Keistimewaan Beramal Lewat Fitur E-Commerce

  • Hidup Menjadi Lebih Positif

Alquran berisi semua jenis pengetahuan dan kebijaksanaan serta berbagai hikmah yang sangat bermanfaat bagi kita. Dengan membacanya tentunya hal ini juga akan mempengaruhi pemikiran kita untuk menjadi lebih positif, terutama saat bulan Ramadhan. 

Sekalipun kita diuji oleh kelemahan fisik saat menjalankan ibadah puasa, pikiran kita tentu akan lebih baik, karena dipengaruhi oleh kebijaksanaan dan pengetahuan positif ini. Oleh karena itu, jika kita membaca Alquran sebanyak-banyaknya, tidak akan merasa rugi.

Hal lain yang akan kita dapatkan dengan membaca Alquran selama Ramadhan, kita menjadi lebih bijak dan memikirkan hal-hal lebih berdasarkan ilmu agama daripada keinginan atau pengaruh negatif yang ada. Maka dari itu, bulan Ramadhan akan menjadi lebih indah dan bermakna untuk kita umat Muslim yang menjalankannya.

  • Mendekatkan Diri Pada Agama dan Allah SWT

Membaca Alquran pada bulan Ramadhan juga bisa mendekatkan kita dengan Islam dan tentunya mendekatkan kita kepada sang pencipta, Allah SWT. Tentunya di hari-hari biasa, kita tidak selalu memiliki kesempatan untuk lebih mendekatkan diri kita. Rahmat Allah berlipat ganda, suasana kehidupan masyarakat muslim sangat terasa, dan kondisi lingkungan Islam yang semakin sempurna.

Kita berharap bulan Ramadhan terus menjadi lebih baik dari Ramadhan sebelumnya dan semoga Ramadhan nanti menjadi yang terbaik bagi kita. Agar nantinya menjadi bulan Ramadhan terbaik, membaca Alquran harus menjadi kebiasaan dan konsisten dalam amalan kita.

 

shares