Pasangan yang Akan Menikah Wajib Tahu Pilar Utama untuk Membangun Keluarga Sakinah

Pasangan yang Akan Menikah Wajib Tahu Pilar Utama untuk Membangun Keluarga Sakinah

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Bagi setiap muslim yang akan menikah pasti kelak mendambakan bisa memilik keluarga yang sakinah. Keluarga sakinah merupakan potret kehidupan rumah tangga yang ideal dalam Islam. Dimana keluarga tersebut dibangun dari hubungan suami istri melalui ikatan pernikahan sesuai syariat Islam. Dengan tujuan untuk membangun kehidupan yang bahagia, tenang, dan saling memenuhi kewajiban maupun hak suami istri yang didasarkan pada rasa cinta dan kasih sayang seperti yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.

Membangun keluarga sakinah memang tidaklah mudah karena diperlukan kerjasama antara suami dan istri sehingga kelak akan mendapat ridha Allah SWT. Nabi Muhammad SAW telah memberikan tuntunan hidup berumah tangga yang ideal sesuai yang beliau contohkan dalam kehidupan rumah tangganya. Sakinah memang sangat perlu bagi sebuah keluarga agar kelak keluarga tersebut memperoleh kebahagiaan baik di dunia maupun akhirat serta masuk ke dalam surga. Untuk pasangan muslim yang sudah atau akan menikah maka perlu tahu beberapa pilar utama untuk membangun keluarga sakinah diantaranya sebagai berikut.

  1. Beriman Kepada Allah SWT
    Pilar utama membangun keluarga sakinah yang pertama yaitu beriman dan meyakini kebesaran Allah SWT bagi seluruh anggota keluarga. Dengan beriman kepada Allah SWT maka semua anggota keluarga akan berupaya selalu menjalankan perintah-Nya dnan menjauhi larangan-Nya. Semua anggota keluarga akan merasa tenang, bergantung pada Allah agarterhindar dari neraka.
  2. Pasangan yang Baik
    Pilar utama membangun keluarga sakinah berikutnya yaitu diawali dengan memilih pasangan yang baik. Memiliki pasangan hidup yang baik kelak bisa diajak bersama-sama melewati suka dan duka dalam dunia rumah tangga. Sebab pasangan hidup yang baik akan menciptakan komitmen berumah tangga yang baik sesuai tuntunan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  3. Saling Mencintai dan Menyayangi
    Sebuah keluarga yang semua anggotanya hidup dengan saling mencintai dn menyayangi maka akan mampu menciptakan kehidupan keluarga yang harmonis dan bahagia. Tentunya keluarga seperti inilah yang selalu didambakan oleh setiap pasangan di dunia.
  4. Memberi Nafkah Keluarga dengan Harta yang Halal
    Memberi nafkah adalah salah satu pilar dalam upaya mewujudkan keluarga yang sakinah. Nafkah yang diberikan merupakan harta yang halal sehingga dapat mendatangkan kedamaian maupun ketenangan. Selain itu nafkah yang halal akan mendatangkan kebaikan untuk seluruh anggota keluarga yang menggunakannya.
  5. Pendidikan yang Baik untuk Anak
    Anak merupakan aset orangtua di akhirat kelak. Untuk itulah memberikan pendidikan agama yang baik sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW merupakan upaya untuk mewujudkan keluarga sakinah. Pendidikan anak menjadi prioritas penting yang bisa dimulai dengan memperkenalkan Allah SWT sebagai penciptanya.

Melalui penjelsan di atas maka setiap pasangan muslim perlu bersungguh-sungguh menjalankan pilar-pilar utama tersebut. Dengan begitu impian mempunyai keluarga yang sakinah dapat terwujud sehingga mendatangkan kebahagiaan di dunia maupun sebagai bekal di akhirat nanti.

shares