Sepuluh kata-kata bijak islami untuk mencapai kesuksesan

kata-kata bijak islami

Sharing is caring!

Berikut ini ada beberapa kata-kata bijak dalam islam agar dapat mencapai suatu kesuksesan yaitu:

  1. Orang terkaya merupakan orang yang bukan menjadi tawanan dari keserakahan.
  2. Apabila seorang Muslim tengah menghadapi suatu ujian maka seorang muslim akan cenderung melihatnya sebagai hal-hal. 
  3. Kesuksesan saya hanya dapat dikarenakan oleh Allah.
  4. Allah maha mengetahui apa yang terbaik bagi umatnya dan juga mengetahui kapan saat yang tepat agar ia memilikinya.
  5. Apabila kamu sering terpikirkan mengenai segala sesuatu yang tidak berjalan dengan baik sesuai dari harapan ingatlah Apabila bahwasanya Allah sudah mengaturnya dengan benar.
  6. Allah selalu mengetahui segalanya bahkan dari perbuatan yang paling kecil pun diperhatikan oleh Nya dan tidak pernah lupa agar diberikan pahala kepadamu walaupun itu perbuatan baik yang terkecil.
  7. Janganlah untuk berputus asa dan juga janganlah untuk berhenti berharap kepada Allah, karena Allah akan selalu berada disisimu.
  8. Allah bisa mengubah semua situasi yang paling putus asa yang dijadikannya sebagai momen terbaik yang ada dalam hidupmu.
  9. Allah tidak memiliki niat untuk menyulitkan hamba-Nya, akan tetapi Ia memiliki maksud agar dapat menyucikanmu serta melengkapi akan nikmat-Nya supaya kamu dapat untuk bersyukur.
  10. Janganlah kamu untuk kehilangan harapan yang dimiliki serta jangan pula untuk bersedih hati.

Manusia mana yang tidak memiliki keinginan untuk sukses yang terdapat pada dirinya? Sukses dalam berbagai hal seperti pada akademik, jabatan, keluarga maupun harta. Semua itu merupakan suatu harapan yang sangat diinginkan bagi setiap orang yang hidup di dunia ini. Akan tetapi standar dari kesuksesan itu terpaku dalam berbagai aspek individu serta masalah yang ada di dunia sementara ini.

Agama Islam merupakan agama rahmatan lil alamin dimana yang mengatur mengenai seluruh kehidupan bagi manusia yang mana mempunyai standar dalam kesuksesan pada kehidupan manusia. Yang mana standar tersebut berada di Al-Qur’an dan juga teladan dari Rasulullah, yang disesuaikan dengan fungsi agama, rukun islam dan rukun iman yang menjadikan pandangan tentang kesuksesan pada Dunia Akhirat dalam Islam

Bagi manusia yang sukses menurut islam, tidak hanya diukur melalui banyaknya harta maupun posisi atau jabatan yang dimilikinya, akan tetapi melalui standar yang diberikan oleh Allah. Dunia serta harta dalam Islam merupakan hal yang hanya datang sementara maka hal tersebut bukalah suatu tujuan. Berikut ini merupakan kesuksesan dalam Islan yang mana telah disampaikan melalui Al-Qur’an dan beberapa Hadist.

Sukses yang Dikarenakan dapat Bermanfaat

kata-kata bijak islami

Yang mana Islam mengajarkan kepada umatnya agar dapat menjadi seorang manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Dikarenakan merupakan suatu keharusan dan juga menjadi kewajiban, memberikan manfaat bagi orang lain merupakan suatu kebutuhan yang mana akan merasakan suatu kebermaknaan apabila suatu yang dimiliki diberikan kepada orang lain untuk menolongnya.

Memberikan Manfaat Untuk Sekitar adalah Kebutuhan

Sering kali kita lupa pada lingkungan sekitar dan hanya terpaku dengan persoalannya sendiri. Padahal banyak yang dapat dilakukan dalam memberikan sesuatu yang berarti bagi masyarakat. Apabila sedari muda telah memiliki sifat yang berjiwa sosial serta dapat memberikan manfaat yang mana di kemudian hari nanti untuk membantu sesama, kemampuan dan posisi yang dimiliki, mengoptimalkan yang dimiliki seperti harta, serta membantu kaum lemah agar dapat bermanfaat untuk kebaikan disekitar.

Mencontoh Sifat Teladan Rasul Menjadikannya Suatu Kewajiban

Menjadi muslim yang bermanfaat dapat dilakukan dengan mencontoh sifat teladan yang dimiliki oleh Rasul serta Para Sahabat-Nya. Yang mana manfaat dari teladan Nya dapat dirasakan sampai saat ini. Yang mana merupakan tolak ukur dalam kesuksesan, yang bukan hanya memperoleh apa yang diharapkan saja namun dapat bermanfaat juga.

Sukses Dalam Membangun Masyarakat

Sebagaimana telah disebutkan dalam QS Al Baqarah, bahwasanya Allah telah menciptkan manusia agar dapat menjadi seorang Khalifah fil Ard, yang mana Khalifah merupakan pemimpin maupun pengelola. Yang mana kita mempunyai tugas agar dapat menjadi seorang pemimpin, tugas-tugas dalam mengelola masyarakat yaitu.

Menjadi Seorang Pemimpin

Pemimpin mempunyai kewajiban agar menjadi seorang teladan untuk yang lain dan juga bertugas agar dapat mengoptimalkan apa pun yang dimiliki agar dapat melakukan hal-hal yang terbaik melalui amanah yang dipegangnya.

Belajar serta Mempersiapkan Ilmu Pengetahuan

Ukuran suatu kesuksesan yaitu apapun yang dilakukan mengenai karir maupun profesi dapat menimbulkan efek dari pembangunan pada masyarakat yang mana lebih bermakna dan juga menjadi suatu kebangaan. Sehingga keahlian pada karir dapat digunakan menjadi suatu saranan dalam menjalankan amanah yang diberikan dari Allah

Dapat Mengoptimalkan Potensi Melalui Karir

Setiap dari profesi maupun karir dapat menjadi suatu sarana kita dalam mejalankan amanah dalam kehidupan ini. Tolak ukur sukses bukanlah disaat kita berhasil meraihnya akan tetapi melalui apa yang telah dibangun dan dikembangkan serta yang telah diselesaikan suatu masalahnya yang menjadikannya sebagai sektor masyarakat agar dapat lebih baik.

Membangun Melalui Keluarga

Menurut kehidupan rumah tangga pada Islam memiliki hubungan mengenai tujuan hidup dari manusia. Keluarga yang sakinah serta harmonis menurut Islam merupakan suatu bagian dari tugas maupun tujuan yang dimiliki manusia yang berada di muka bumi. Dengan memiliki tolak ukur menjadi suatu kesuksesan apabila dapat meraihnya dengan kesesuaiannya seperti,

  • Tujuan dari Terciptanya Manusia 
  • Proses dalam Penciptaan Manusia
  • Hakikat yang Ada Pada Penciptaan Manusia
  • Konsep Kehidupan Manusia yang berada di Islam serta
  • Hakikat dari Kehidupan Manusia Menurut Islam

Sukses dalam Akhirat

Kehidupan yang kita miliki di dunia ini bukanlah apa-apa yang mana akan ada sebuah Masa Depan Akhirat yang nantinya dihadapi. Apabila suatu tolak ukur kesuksesan dalam kehidupan kita hanya sebatas pada dunia maka hal tersebut bukanlah tolak ukur yang sebenarnya. Keselamatan pada akhirat nantinya lah yang menjadi tolak ukur utama dalam kesuksesan nantinya. Dengan memiliki bekal dari amalan yang telah dikerjakan di kehidupan yang dapat menyelamatkan kita di Akhirat nantinya.