Tata Cara Melakukan Sholat Tasbih

tata cara sholat tasbih

Sharing is caring!

inspirasiislami – Shalatul Tasbih atau sholat pengampunan adalah sholat khusus yang memiliki kebajikan dan manfaat besar bagi umat Islam. Namaz-e-Tasbih adalah salah satu sholat sukarela dan tidak wajib untuk melakukan Shalat ul Tasbih, tetapi setiap Muslim harus mencoba untuk menawarkan shalat Shalat Tasbih setiap kali ada kesempatan dalam hidup.

Nabi kita tercinta Nabi Muhammad SAW pernah berkata kepada pamannya Sayyidina Abbass (RA):

“Oh, paman tidak akan kuberikan padamu, aku tidak akan mengabulkanmu, aku tidak akan menganugerahkan padamu, aku tidak akan mengasihani kamu, ketika kamu melakukan 10 hal Allah akan mengampuni dosa-dosamu: masa depan dan masa lalu; baru dan lama; yang telah Anda lupakan dan yang Anda lakukan dengan sadar; besar dan kecil; tersembunyi dan terungkap.

Kemudian Dia (Nabi SAW) menjelaskan dan mengajarkan cara sholat Sholat Tasbih dan kemudian berkata: “Jika Anda dapat shalat Shalat ini sekali sehari, jika Anda tidak dapat sholat sekali sehari maka setiap hari Jumat, dan bahkan jika ini tidak mungkin sebulan sekali dan bahkan jika ini tidak mungkin maka setahun sekali dan bahkan jika ini tidak mungkin maka setidaknya sekali dalam seumur hidup. “(Tirmidzi)

Inspirasi Lainnya : Makna Dalam Bulan Sya’ban

Hadits yang disebutkan di atas telah menggambarkan kebajikan dan manfaat besar dari Salatul Tasbih. Seorang Muslim harus mencoba menawarkannya setiap hari untuk mendapatkan berkah dan pengampunan, jika ia tidak mampu melakukannya, maka ia harus menawarkannya setidaknya sekali dalam seminggu, jika itu pun tidak mungkin, maka sekali dalam bulan.

Jika seseorang tidak mendapatkan kesempatan untuk melakukannya, maka seseorang harus menawarkannya setidaknya sekali setiap tahun, dan bahkan jika itu tidak mungkin, maka seseorang harus menawarkannya setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Bagaimana cara melakukan Shalat ul Tasbih?

Salat ul Tasbih memiliki empat rakat, dan dapat ditawarkan kapan saja sehari kecuali pada waktu tandang dan matahari terbenam matahari terbenam waktu Makrooh. Semua protokol untuk sholat biasa seperti wudu (wudu) tempat bersih, pakaian bersih dan tubuh dan sebagainya perlu dipatuhi untuk sholat ini juga. Hal tambahan dalam sholat ini adalah Tasbih yang perlu dilafalkan selama sholat. Tasbih untuk shalat pengampunan adalah:

“Subhaan Allahi Wal Hamdulillahi Wa Laa ilaha Illal Laahu Wallahu Akbar”

Seseorang harus melafalkan Tasbih di atas 300 kali dalam empat Rakah dengan metode berikut.

  • Pertama-tama, Niat dari 4 Rakah karena mempersembahkan Salat ul Tasbih
  • Dalam Rakah pertama, setelah mengucapkan “Allahu Akbar” dan melipat tangan bersama, setelah melafalkan bagian ‘Sana’ dari sholat, Anda harus membaca Tasbih yang disebutkan di atas 15 kali.
  • Setelah set Tasbih pertama, lakukan bagian ‘Tauz’ dan ‘Tasmia’ reguler. Setelah itu bacalah Surat yang ingin Anda baca dalam sholat dan kemudian bacakan Tasbih yang sama 10 kali dan pergi ke postur Ruku.
  • Dalam postur Ruku setelah membaca Tasbih reguler untuk Ruku, bacalah Tasbih yang disebutkan di atas 10 kali dan kemudian bangkit dari Ruku.
  • Setelah Anda bangkit dari Ruku dan melafalkan pujian yang dilakukan seseorang setelah bangkit dari Ruku dalam sholat rutin, Anda harus mengikutinya dengan 10 kali pembacaan Tasbih dan pergi ke postur Sujud.
  • Setelah Anda berada di Sujud dan telah membaca Tasbih biasa, Anda perlu menindaklanjutinya dengan 10 pelafalan Tasbih dan kemudian pergi ke postur ‘Jalsa’.
  • Di negara bagian Jalsah, ucapkan Tasbih 10 kali dan kemudian kembali ke postur Sujud kedua.
  • Di Sujud kedua juga mengulangi sama seperti di Sajda pertama dan membaca Tasbih 10 kali.
  • Setelah Sujud berdiri untuk Rakat kedua dan kali ini tanpa membaca Sana, pergi untuk membaca Tasbih 15 kali dan kemudian ulangi langkah-langkah yang disebutkan di atas dan lakukan jumlah Tasbih yang sama. Langkah-langkah ini kemudian perlu diikuti untuk sisa rakat sholat sampai Anda menyimpulkan sholat dengan Salam.

 

Singkatnya, Salat ul Tasbih adalah bentuk sholat Nafl yang luar biasa, yang menghasilkan pengampunan dan pengampunan atas dosa dan kesalahan masa lalu seseorang dengan mendapatkan keridhaan Allah SWT dengan memberi hormat besar kepada-Nya melalui Tasbih. Oleh karena itu, semua umat Islam harus mencoba untuk menawarkan sholat pengampunan ini kapan pun mereka bisa untuk menerima berkah dan belas kasihan Allah SWT. Semoga Allah (SWT) membimbing kita untuk mengikuti ajaran Islam. Ameen!

shares