Tingkatan Kehidupan Dalam Islam

tingkatan kehidupan dalam islam

Sharing is caring!

inspirasiislami – Islam adalah agama perdamaian, mereka yang memeluk Islam dikenal sebagai Muslim. Alquran adalah kitab Allah SWT untuk bimbingan umat manusia, diturunkan pada Nabi Muhammad SAW terakhir. Agama Islam didasarkan pada lima pilar:

  • Tauhid
  • Zakat
  • Salah
  • Puasa
  • Haji

Lima pilar ini adalah kehidupan umat Islam dan wajib bagi umat Islam untuk menerapkan pilar-pilar ini dalam kehidupan mereka. Ada berbagai tahapan kehidupan umat Islam dan setiap tahap itu penting dan semua yang dilakukan seseorang harus dipandu oleh prinsip-prinsip Islam.

Di bawah ini disebutkan beberapa tahapan kehidupan dalam Islam yang harus kita ketahui:

Kehidupan di Lauhul Mahfuz

Allah SWT menciptakan semua jiwa yang turun dari Adam dan Hava. Segala sesuatu tentang jiwa kita sebelum dan sesudah penciptaan didokumentasikan dalam buku di surga yang dikenal sebagai Lau Ho Mahfuz. Sementara jiwa kita diciptakan, Allah (SWT) bertanya; ‘Siapakah Pencipta kita?” Semua orang menjawab, “Kamu adalah Pencipta dan Tuhan kami’.

Hidup di Rahim Ibu

Setelah jiwa diciptakan dan dikirim ke rahim ibu sebagai janin. Semua makanan dan nutrisi yang dibutuhkan janin dikirim melalui tali pusar. Janin hidup 9 bulan di dalam rahim ibu dan selama periode itu, janin diubah menjadi bayi. Selama 9 bulan ini, tidak ada siklus menstruasi wanita hamil sampai bayi lahir.

Hidup di Dunia ini

Bayi yang lahir pada usia janin 36 hingga 40 minggu kehamilan. Kehidupan di dunia ini dimulai ketika bayi bernafas pertama kali dan menangis untuk pertama kalinya saat lahir. Dengan berlalunya waktu ketika bayi ini mulai tumbuh dalam keluarga Muslim, mengajarkan tentang Islam dan cara hidup sesuai dengan ajaran Islam.

Inspirasi Lainnya : Pasangan yang Akan Menikah Wajib Tahu Pilar Utama untuk Membangun Keluarga Sakinah

Tahap ini adalah tempat pengujian yang sangat penting bagi manusia. Adalah kewajiban umat Islam untuk saling mengingatkan dan teman-teman non-Muslim tentang Allah, kematian, kehidupan berikutnya (kebangkitan), pahala dan hukuman, neraka dan surga. Untuk mengetahui seberapa baik mereka dapat beradaptasi dan seberapa religius mereka.

Kematian

Kematian terjadi setelah jiwa diambil dari tubuh. Allah menjaga jiwa orang baik di tempat yang baik dan jiwa orang jahat di tempat yang buruk sampai hari kiamat tiba. Ketika semuanya hancur kecuali Allah akan ada kebangkitan semua umat manusia tentang perbuatan mereka dalam kehidupan duniawi ini.

Hari Penghakiman

Ini adalah tahap ketika semua jiwa akan bangkit dari kubur dan dihakimi oleh Allah SWT. Jiwa yang taat atau jiwa orang baik akan masuk ke surga selamanya dan jiwa yang tidak taat akan pergi ke neraka untuk hukuman.

 

Semoga Allah SWT membimbing kita semua dan menghujani kita dengan rahmat-Nya dan memberi kita surga. Aamiin

shares