Tips agar Tidak Malas Menjalankan Sholat

Tips agar Tidak Malas Menjalankan Sholat

Sholat fardhu adalah ibadah yang wajib dijalankan semua umat muslim. Dilakukan lima kali dalam sehari mulai dari Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan juga Isya’. Bukan hanya ibadah tetapi sholat juga merupakan salah satu cara kita berkomunikasi dengan Allah SWT.

Banyak keutamaan yang akan kita dapatkan dengan melaksanakan ibadah sholat wajib beserta sholat sunnah lainnya seperti sholat dhuha dan tahajud. Keimanan dan pahala pun akan semakin bertambah. 

Meluangkan waktu sekitar 5-15 menit untuk menjalankan ibadah sholat, tidak akan mengganggu kegiatan kita lainnya. Namun seringkali kita merasa malas dan menunda-nunda ketika adzan yang menandakan waktu sholat sudah berkumandang. 

Padahal malas merupakan kebiasaan yang tidak patut untuk dipertahankan. Oleh karena itu, kita harus segera membenahinya agar tidak malas lagi untuk melaksanakan sholat lima waktu. Di bawah ini terdapat beberapa tips yang akan kami berikan yang bisa diterapkan untuk menghindari rasa malas sholat.

  • Pahami Keutamaan Sholat

Ibadah sholat merupakan tiang agama Islam yang paling tinggi kedudukannya. Sehingga bukan hal yang mengherankan apabila sholat memiliki banyak keutamaannya. Dengan menunaikan ibadah sholat, dosa-dosa kita akan berguguran seperti hal dedaunan yang jatuh dari pohonnya. 

Keutamaan lainnya yaitu sholat bisa menghindarkan kita dari perbuatan yang tidak disukai Allah SWT. Allah SWT pernah berfirman dalam Surat Al Ankabut 29:45 : “Bacalah al-Kitab (Al Qur’an) yang telah diwahyukan kepada kalian dan dirikanlah sholat ! Sesungguhnya dengan mendirikan sholat itu akan mencegah dari segala perbuatan keji & mungkar. Dan sesungguhnya ibadah (sholat) lebih besar keutamaannya dari ibadah-ibadah lainnya. Allah SWT maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dengan memahami berbagai keutamaan sholat, seharusnya bisa menjadikan kita semangat untuk rajin menunaikan sholat. Di samping keutamaannya, sholat juga memiliki berbagai manfaat dari segi kesehatan. Sebab, gerakan sholat disebut sebagai salah satu bentuk olahraga sehingga bisa membuat badan menjadi lebih bugar. Selain itu, sholat juga bisa membuat pikiran dan hati kita menjadi lebih tenang.

Tips agar Tidak Malas Menjalankan Sholat

  • Biasakan Sholat Tepat Waktu

Ketika adzan telah berkumandang, segeralah mengambil air wudhu dan bersiap menunaikan sholat. Usahakan untuk tidak menunda-nunda sholat karena itu yang akan menyebabkan rasa malas muncul. 

Kebiasaan menunda-nunda dalam hal apapun pasti tidak akan baik. Dan pada akhirnya kita semakin malas untuk segera mengerjakannya. Apabila kita terbiasa sholat tepat waktu maka seterusnya kita akan merasa aneh ketika belum melaksanakan sholat lima waktu. 

Meninggalkan aktivitas sejenak tidak akan menimbulkan masalah besar. Dan ketika akan berpergian pun, kita juga bisa mengatur waktu sebelumnya agar tidak ketinggalan waktu sholat. Apalagi di tempat-tempat umum seperti mall, misalnya, sudah banyak disediakan fasilitas mushola maupum masjid untuk sholat.

  • Ingatlah Kematian 

Siapa pun yang bernyawa pasti akan mati dan meninggalkan dunia yang fana ini. Dan setiap orang tidak akan pernah tahu kapan ajal akan menjemputnya. Banyak orang yang tampak sehat-sehat saja sebelumnya tetapi dalam hitungan jam akhirnya meninggal. 

Bayangkan apabila kita tidak pernah menunaikan sholat atau bermalas-malasan dalam menjalankan kewajiban sholat lima waktu ?  Semua itu akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti dan salah satu yang menjadi pertimbangan apakah kita pantas masuk surga atau justru neraka.

Kematian tidak bisa kita prediksi, maka dari itu persiapkan amalan sebanyak-banyaknya saat ada di dunia terutama dengan menunaikan ibadah sholat. Jadikan itu sebagai pengingat kita setiap harinya agar  tak lupa apabila semua manusia bisa dipanggil oleh Allah kapan pun dan di mana pun. 

  • Bergaul dengan Orang-orang yang Taat Agama

Lingkungan itu bisa mempengaruhi pola pikir maupun perilaku kita. Dan faktanya, kebiasan-kebiasaan yang bersifat buruk itu jauh lebih mudah menular. Apabila pergaulan kita dipenuhi orang-orang yang malas menjalankan sholat, maka kemungkinan besar itu juga akan menjadi kebiasaan kita juga.

Sebaliknya, kita akan menjadi lebih rajin menjalankan ibadah sholat dan amal-amal kebaikan lainnya apabila dikelilingi orang-orang yang taat. Mereka akan senantiasa selalu mengingatkan kita untuk tidak meninggalkan sholat bahkan mengajak berjamaah. Dipenuhi dengan lingkungan seperti itu tentunya bisa memperkuat iman kita sehingga akan lebih mudah untuk mengusir rasa malas yang kerap kali menghampiri. 

  • Ingat Dunia Hanya Sementara

Biasanya orang-orang malas menjalankan sholat karena terlalu mengejar duniawi. Padahal dunia tidak kekal dan kita hanya sementara ada di sini. Akhirat lah yang akan menjadi tujuan kita pada akhirnya dan bersifat kekal. 

Oleh karena itu, ingatlah selalu bahwa dunia ini hanya sementara sehingga tidak perlu terlalu sibuk mengejar urusan duniawi sampai mengabaikan waktu sholat. Isilah amalan-amalan yang banyak ketika masih ada di dunia. Dan ibadah sholat merupakan amalan pertama yang akan dihisab di akhirat nanti.