Tips Menerima dan Menjalani Hidup dari Persoalan yang Pahit 

tips menjalani dan menerima takdir

Sharing is caring!

inspirasiislami.com – Terkadang ketika menghadapi permasalahan manusia sering bertindak emosi dan menyalahkan berbagai keadaan. Akhirnya membuat semuanya berantakan dan tidak sesuai dengan harapan, sehingga butuh kesabaran dan keikhlasan untuk menerima itu semua. Tetapi untuk menambahkan keikhlasan sangat sulit untuk dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan. 

Mulut mungkin bisa mengatakan bisa, namun hati berbanding terbalik dengan keadaannya, membuat permasalahan menjadi lebih berat dan rumit. Lantas, bagaimana untuk menerima takdir buruk agar dapat lebih menerima dan ikhlas?Untuk lebih jelas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut. 

Menerima Takdir Buruk 

Sebagai manusia tidak semua apa yang diinginkan dan direncanakan sesuai dengan harapan serta tujuan. Terkadang ada beberapa diluar dengan keadaan dan logika, hal inilah membuat manusia harus menerima beberapa takdir yang telah ditentukan. Berikut beberapa cara untuk dapat menghadapinya dengan lebih ikhlas, yaitu : 

1. Memaknai Takdir Allah 

Sebagai umat manusia yang beriman kepada Allah SWT sudah seharusnya menerima dengan lapang dada dan ikhlas untuk menjalankannya. Karena berbagai rencana dan tujuan dari Allah salah satu terbaik dan tepat untuk umatnya. Sehingga hal tersebut dapat menjadikan Anda sebagai umat yang taat dan patuh terhadap berbagai perintah dan keputusannya. 

Makna takdir sendiri memang untuk beberapa pemuka agama masih menjadi perdebatan dan belum ada makna yang sama dari beberapa ulama yang ada di seluruh dunia. Tetapi sebagai umat muslim, sudah seharusnya Anda mematuhi dan menerima semua takdir Allah SWT. Karena terkadang beberapa keputusan dan keinginan tidak sesuai dengan pilihan Anda. 

Hal inilah membuat Anda harus menerima dan menjalaninya dengan lebih ikhlas agar dapat mendapatkan ridho dari Allah SWT. Dengan begitu Anda harus lebih memahami konsep takdir Allah agar dapat lebih menerima dan memahaminya. 

2. Tidak Boleh Menyalahkan Keadaan 

Beberapa persoalan dan permasalahan dalam hidup membuat semuanya menjadi buruk, baik dari suasana hati dan pikiran. Tetapi dengan buruknya keadaan dan sulitnya menyelesaikannya seharusnya Anda tidak boleh untuk menyalahkan orang lain, apalagi dengan menyalahkan sang pencipta. Karena akan berdampak pada pikiran dan menyelesaikan permasalahannya. 

tips menjalani dan menerima takdir

Sebab apapun persoalan dan permasalahan yang ada dalam diri Anda seharusnya Anda sendiri yang harus siap menyelesaikannya. Karena bagian dari tanggung jawab untuk menjadi manusia yang tidak lari dengan keadaan. Hal inilah yang membuat Anda tidak seharusnya menyalahkan keadaan dan orang lain dari setiap permasalahan yang menghampiri. Apalagi dengan mempertanyakan keadilan tuhan rasanya itu tidak pas dan tepat. 

Karena tindakan yang dilakukan harus dihadapi dan bukan hanya mengeluh, menjadi manusia yang beriman itu adalah bagian untuk menyelesaikan segala persoalan. Sebab semua yang diberikan tersebut menjadi bagian dari Allah SWT dan Anda harus mensyukuri segala pemberian yang diberikan kepada Anda sebagai pengikutnya. 

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Aplikasi Pinjaman Online Tidak Resmi

3. Intropeksi Diri 

Manusia sebagai makhluk yang bermoral dan mempunyai akal pikiran sudah seharusnya memikirkan berbagai hal terkait yang dilakukan. Karena melihat dan mengevaluasi diri penting untuk melihat dan mempertimbangkan keadaan yang ada. Dengan melakukan introspeksi diri dapat memberikan Anda beberapa penyelesaian dan solusi terkait persoalan yang ada. 

Belum tercapai apa yang diinginkan dan direncanakan bukan berarti gagal dan tidak bisa mendapatkan apapun. Dengan melakukan introspeksi diri membuat Anda dapat lebih melihat peluang daripada permasalahan. Sehingga membuat membuatnya dapat dengan mudah untuk dilalui dan kembali bangkit untuk menghadapi berbagai persoalan yang baru. 

4. Lebih Menerima Diri Sendiri 

Dalam kehidupan Anda tidak dapat memaksa semuanya harus sesuai dengan keadaan dan rencana yang ada. Dengan memahami konsep tersebut, Anda dapat lebih menerima dan ikhlas dengan keadaan yang terjadi. Hal inilah membuat Anda harus lebih menerima diri sendiri dan keadaan yang terjadi. 

Karena dalam kehidupan itu terdapat hitam dan putih, baik dan buruk, positif dan negatif yang membuat semuanya harus dipahami dan dimengerti. Pada akhirnya Anda dapat lebih mudah untuk menerima segalanya dan lebih mensyukuri semuanya dengan lebih jelas. Hal inilah harus Anda pahami dan mencoba terapkan dalam kehidupan. 

5. Selalu Bersyukur

Manusia tidak lepas dari berbagai persoalan yang menimpanya, sehingga harus siap menerima dan menghadapinya dengan lapang dada dan ikhlas. Karena dibalik itu semua selalu ada rasa terima kasih atau syukur yang besar, sebab telah diajarkan berbagai persoalan dan permasalahan yang tidak sesuai dengan harapan. 

Bahkan tidak semua orang dapat melaluinya dengan berbagai permasalahan yang menimpanya. Dengan begitu, Anda harus siap untuk menghadapinya dan menerimanya agar dapat lebih ikhlas, penuh syukur, dan menerimanya. Karena kebaikan itu selalu diberikan oleh Allah SWT, untuk mencapai itu semua Anda harus menghadapi kesusahan terlebih dahulu. 

Itulah beberapa pembahasan yang menarik untuk Anda pahami, supaya dapat lebih ikhlas dan menerima beberapa takdir yang tidak sesuai dengan harapan dan ekspektasi. Semoga beberapa informasi diatas bermanfaat dan berguna di kemudian hari. 

 

shares